19 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

150 Rumah di Desa Jati Baru Terendam, Tim SAR Brimob dan Polres Banjar Lakukan Evakuasi

2 min read

Brimob Polda Kalsel dan Polres Banjar lakukan evakuasi warga yang terdampak banjir di Desa Jati Baru, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Jumat (25/3).

BANJAR – Sebanyak 150 rumah di Desa Jati Baru, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, terendam banjir, sejak Kamis (24/3) kemarin. Akibatnya, 180 Kepala Keluarga (KK) terdampak atas kejadian tersebut.

Pelaksanaan evakuasi dari tim SAR Brimob Polda Kalsel dan Polres Banjar di lokasi jembatan Desa Jati Baru, Astambul, Kabupaten Banjar.

Mengantisipasi agar tidak adanya korban, tim evakuasi gabungan dari personil Sat Brimob Polda serta Samapta Polres Banjar menyisir lokasi terjadinya banjir itu.

Kapolres Banjar, AKBP Doni Hadi Santoso, melalui Kasat Samapta, AKP Embang Pramono, menyebutkan, adapun personil yang diterjunkan keseluruhan 15 orang.

“Terdiri 7 personil Brimob Polda Kalsel yang dipimpin Komandan Kompi B Pelopor AKP Bambang, sisanya 8 orang dari Samapta Polres Banjar,” ujarnya melalui rilis yang diterima Abdi Persada FM, Jumat (25/3) siang.

Dirinya menjabarkan, hingga kini diketahui ketinggian air berkisar antara 5 – 20 cm. Bahkan air luapan ini telah berhasil masuk ke depan teras rumah warga.

“Kondisi banjir ini tersebar di Desa Jati Baru dengan total keseluruhan 150 rumah dari 180 KK,” bebernya.

Bahkan, jalan yang berbatasan langsung dengan bantaran sungai, lanjut Embang, saat ini ukuran debit airnya masih cukup tinggi dan sulit dilewari warga sekitar.

“Ketinggian sekitar 50 – 70 sentimeter (cm),” bebernya.

Dari lokasi, para personil gabungan dari kepolisian tersebut tengah sibuk mengevakuasi korban banjir di Desa Jati Baru, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, bersama harta benda berharga.

“Pelaksanaan evakuasi juga akan melewati desa Astambul kota menuju Jati Baru atau arah sebaliknya,” lanjut Embang Pramono.

Sebagai bentuk perhatian, tim SAR Brimob Polda Kasel dan Polres Banjar menyerahkan rakit yang terbuat dari ban karet dan kayu.

“Secara simbolis diterima langsung oleh kepala desa Jati Baru,” pungkasnya. (POLRESBANJAR – RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.