16 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DPRD Kalsel Nilai Pelaksanaan Birokrasi DIY Cukup Bagus

1 min read

BANJARMASIN – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan studi komparasi ke Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terkait tindak lanjut pasca dilakukannya penyederhanaan birokrasi, Jum’at (4/3).

Suasana Pertemuan Komisi I DPRD Kalsel dan Biro Organisasi Setda DIY

Dalam pertemuan tersebut terjadi diskusi dua arah mengenai dua poin penting Dasar Regulasi Permenpan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional dan Permenpan Reformasi Birokrasi No 25 Tahun 2021 Tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi Pada Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi.

Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Rachmah Norlias menilai untuk pelaksanaan penyederhanaan birokrasi cukup bagus dilaksanakan di DIY dimana prosesnya sudah hampir rampung dilaksanakan. Tetapi masalah-masalah lain yang masih belum jelas, lanjutnya, DIY masih menunggu peraturan-peraturan dari Pemerintah Pusat.

“Kedepannya, di DIY masih menunggu peraturan-peraturan yang dikeluarkan dari Kemenpan RI, seperti untuk jabatan-jabatan fungsional serta permasalahan tunjangannya yang masih disamakan dengan jabatan-jabatan struktural,” ungkapnya, belum lama tadi.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kalsel, Karmila yang mendampingi Komisi I DPRD Kalsel menambahkan penyederhanaan birokrasi di DIY dilakukan dua tahap yaitu pada Desember 2021 dan Januari 2022.

“Ternyata ada lima SKPD di DIY yang tidak disederhanakan diantaranya termasuk Dinas Tata Ruang, Dinas Kebudayaan, dan Dinas Perhubungan,” kata Srikandi Dewan dari Fraksi PAN tersebut.

Diharapkan hasil pertemuan tersebut bisa menjadi masukan agar penyederhanaan birokrasi pada jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel dapat berjalan lancar atau tidak ada permasalahan mendasar. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.