22 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Banjir Tala, Basarnas Banjarmasin Bantu Evakuasi Warga Yang Terdampak

1 min read

TANAH LAUT – Banjir di Kabupaten Tanah Laut akibat hujan deras yang terjadi Senin (7/3) membuat banyak pihak siaga.

Salah satunya adalah Kantor Pencarian dan pertolongan (Basarnas) Banjarmasin. Pihaknya menerjunkan 1 tim untuk memantau dan mengantisipasi apabila ada warga membutuhkan pertolongan maupun evakuasi akibat adanya banjir tersebut.

Dalam rilis yang diterima Abdi Persada FM, Selasa pagi (8/3), Kepala Kantor Basarnas Banjarmasin Al Amrad mengatakan tim pihaknya disiagakan untuk memberikan pertolongan dan mengevakuasi warga yang daerahnya terdampak banjir.

“Satu tim ‘Rescue’ Basarnas Banjarmasin menuju lokasi kejadian pada jam 17.40 WITA sore Senin kemarin untuk mengevakuasi warga terdampak banjir,” katanya.

Menurut informasi tim di lapangan melalui koordinator lapangan Suwarto, disampaikan Amrad, tim telah melakukan evakuasi warga yang terdampak di desa Karang Jawa dan dievakuasi ke halaman desa Batu Tungku.

“Kami tadi sempat mengevakuasi ibu-ibu dan anak-anak, tapi banyak juga warga yang memilih mengungsi ke rumah sanak keluarganya yang tidak terkena banjir,” tuturnya.

Saat ini tim Rescue Basarnas Banjarmasin berada di posko SAR Gabungan di kantor BPBD Tanah Laut dengan beberapa tim rescue lainnya yang terlibat. Diantaranya BPBD Tanah Laut, TNI/Polri, Dinas Sosial, Tanah Laut, PMI Tanah Laut, dan rekan potensi SAR lainnya.

“Harapan kami semoga banjir berangsur surut, agar warga dapat beraktivitas kembali dengan normal,” pungkasnya.

Berdasarkan laporan yang diterima Basarnas Banjarmasin Senin 7 Maret 2022, intensitas hujan yang cukup tinggi dengan durasi yang lama mengakibatkan beberapa pemukiman warga terendam, dengan ketinggian air antara 1 – 1,5 meter.

Sebanyak 3 kecamatan di Tanah Laut, terdampak banjir, di antaranya kecamatan Panyipatan, Takisung dan Pelaihari. (BASARNAS.BJM-RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.