28 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Antisipasi Banjir, DPRD Banjarmasin Gelar RDP

1 min read

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Noor Latifah

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarmasin, menggelar rapat dengar pendapat (RDP) mengantisipasi banjir sejak dini.

Suasana rapat dengar pendapat, di ruang Komisi IV DPRD Banjarmasin

Menurut Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Noor Latifah, kepada wartawan pada Kamis petang (18/11), rapat dengar pendapat ini sangat penting untuk mengetahui kesiapan dua dinas, yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kota Banjarmasin, dalam rangka meantisipasi bencana banjir dari sekarang, karena berkaca pada pertengahan Januari 2021 lalu, dinilai kurang maksimal.

“Kami gelar RDP ingin mengetahui, cara penanganan, pencegahan dan kesiapan dana,” ucapnya.

Noor Latifah menyampaikan, saat ini intensitas hujan di kota seribu sungai mulai semakin tinggi, belum lagi terjadi air sungai pasang, dengan demikian harus disiapkan secara matang oleh pemerintah kota, seperti sarana dan prasana mengangkut korban banjir, serta nanti didirikannya posko berupa dapur umum di lima Kecamatan.

“Dari penjelasan BPBD dan Dinsos Kota Banjarmasin, sudah siap siaga bencana,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Banjarmasin Fahruraji menyampaikan, memang saat ini sudah dinaikkan statusnya menjadi siaga darurat bencana banjir. Hal itu berdasarkan hasil rapat dengan Walikota melalui laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca hujan ekstrim sejak bulan Desember dan Januari, meski kondisi masih normal, namun kesiap siagaan harus ditingkatkan.

Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Fahruraji

“Kita minta warga terus waspada, apalagi wilayah provinsi tetangga sudah ada yang banjir,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.