2 Desember 2022

Webinar Literasi Digital Tanah Laut; Hadapi Ruang Digital Dengan Literasi Yang Tepat

2 min read

TANAH LAUT – Webinar Literasi Digital dengan topik pembahasan “ Hadapi Ruang Digital Dengan Literasi Yang Tepat” ini berada di Tanah Laut, dengan moderator Dika Putra Wijaya, Keynote Speech H. Sukamta Bupati Tanah Laut, Key Opinion Leader Diza Refengga seorang actor, dan para narasumber : Alvi Syahrin Founder Yutaka Fotografi, Eva Kusuma Sundari, M.A., MDE Anggota TRIBN Kemenpan RB dan Ria Fuziarty pengusaha UMKM.

Kecakapan digital merupakan pengetahuan dalam memanfaatkan media digital seperti alat komunikasi dan jejaring internet. Kecakapan digital ini sendiri memiliki empat pilar mendasar yaitu Etika Digital, Budaya Digital, Keterampilan Digital, dan Keamanan Digital.

Salah satu narasumber webinar ini Eva Kusuma Sundari mengatakan memiliki keterampilan digital adalah salah satu skill penting bagi seseorang pengguna internet, hal ini merupakan sebuah skill penting dengan kemampuan menggunakan media sosial dengan baik dan benar.

Keterampilan digital juga mampu memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis untuk keperluan pemasaran produk dan meningkatkan penjualan, karena dalam suasana pandemi seperti ini semua bisnis beralih dari cara konvensional menjadi digitalisasi dengan menggunakan media sosial, digitalisasi dipilih juga karena dianggap sesuai dengan anjuran protokol kesehatan yang tepat di masa pandemi ini.

Kehadiran internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan.

Pilihan favorit masyarakat masa kini cenderung lebih banyak ke transaksi jual beli secara daring, karena aktivitasnya lebih praktis, lebih aman dan nyaman.

Eva menambahkan penggunaan internet dalam berbisnispun harus memperhatiakn tingkat kesopanan dalam kata-kata, baik dalam transaksi maupun memasarkan suatu produk. Jangan asal dan sembarangan tanpa memperdulikan norma dan sopan santun dalam menggunakan internet.

“Maka hendaknya unggahlah sesuatu yang bermanfaat dan sepantasnya saja, yang aman bagi diri anda di masa depan, karena sesuatu yang anda unggah itu sulit dihilangkan, maka cerdaslah dan aman untuk mengunggah sesuatu di internet.” Tutupnya. (RILIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.