24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Hadiri HUT ke-76 PGRI, Paman Birin Kenang Jasa Guru Semasa SMP

2 min read

Gubernur Kalsel saat memberikan hadiah lomba kepada para guru

BANJARMASIN – Momen peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 tingkat Provinsi  Kalsel, yang digelar disalah satu hotel berbintang di Banjarmasin, Senin (15/11), membuat Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor secara spontan menyanyikan lagu Hymne Guru. Sontak para guru dan tamu undangan yang berhadir, menyanyikan bersama lagu untuk para guru tersebut.

Gubernur Kalsel (tengah) saat memotong kue HUT ke-76 PGRI

Bagi Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, lagu Hymne Guru ini sangat luar biasa, memiliki makna yang mendalam bagi dirinya. Karena guru memiliki jasa yang luar biasa bagi dunia pendidikan dan pembentukan pribadi siswa.

“Bagi saya, guru sangat luar biasa. Jasa-jasanya tidak akan pernah dilupakan. Saya dan kita semua yang berada di sini, tidak lepas dari peran dan jasa dari seorang guru,” ucapnya tulus.

Di momen ini pula, Paman Birin teringat waktu menjadi siswa SMP. Ia bercerita perjuangan untuk sekolah meski dengan keterbatasan ekonomi keluarganya.

Paman Birin bercerita, setiap hari hanya diberi uang jajan Rp50. Sementara untuk pergi ke sekolah saat itu, harus menggunakan transportasi getek dengan membayar Rp25 untuk satu kali naik. Sehingga uang sakunya habis untuk biaya pulang dan pergi sekolah.

Namun berkat kegigihan dan tekadnya untuk mengenyam pendidikan, Paman Birin tetap bersekolah. Ia tidak segan dan malu untuk membantu para gurunya mengerjakan sesuatu.

“Alhamdulillah, berkat saya rajin membantu guru, terkadang saya dapat uang jajan dari guru, bahkan SPP saya dibayarkan oleh guru,” kenangnya.

Paman Birin berharap, momen peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 tingkat Provinsi Kalsel, dapat menjadi semangat bagi para guru untuk terus mengabdi dan mendidik generasi banua.

Gubernur Kalsel saat memberikan sambutan pada peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional

Paman Birin juga terus mendorong kesejahteraan bagi para guru, khususnya bagi guru honorer maupun PTT.

Salah satunya bekeja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan jaminan bagi para guru honorer dan PTT yang tergabung dalam PGRI Provinsi Kalsel dan dalam naungan Dinas Pendidikan Provinsi  Kalsel.

Sementara itu, Ketua PGRI Prov Kalsel, HM Hatta HS menyampaikan terima kasih atas kepedulian Paman Birin terhadap para guru.

Ia bersama anggota akan terus berupaya untuk mengingkatkan kesejahteraan dan profesionalitas para guru di Kalsel. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.