19 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Yani Helmi Apresiasi Desa Wisata Bumi Asih Kotabaru

2 min read

Yani Helmi (memakai topi) saat melakukan reses dan disambut oleh Kepala Desa Bumi Asih, Supardi (baju putih), Kamis (21/10) siang.

KOTABARU – Berhasil memanfaatkan potensi desa menjadi destinasi wisata unggulan lokal. Supardi Kepala Desa Bumi Asih mendapat apresiasi dari anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi.

Anggota DPRD Kalsel yang membidang ekonomi dan keuangan di Komisi II ini menyebutkan, kalau Bumi Asih bisa menjadi kandidat terbaik sebagai desa percontohan dalam pemanfaatan potensi wisata untuk Pendapatan Asli Desa (PADes) yang dianggap kreatif menuju desa mandiri.

Sektor pertanian di Desa Bumi Asih menjadi destinasi wisata baru untuk pengunjung lokal di Kecamatan Kelumpang Selatan. (Dok. Pemdes Bumi Asih)

“Seperti kita ketahui, kalau Bumi Asih ini merupakan desa unggulan dari Kecamatan Kelumpang Selatan yakni sebagai lokasi wisata. Tetapi, kita lihat juga bagaimana mereka bisa mengembangkan ini justru diliat lagi mentornya siapa dan langkah tersebut harus didukung penuh juga oleh Pemkab Kotabaru,” paparnya.

Meski dianggap sebagai kampung transmigrasi, Supardi ternyata terbilang sebagai Kades yang sangat inovatif dan menginspirasi desa lain di Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kotabaru untuk membangun desanya.

“Ini juga akan menjadi PR kami dan Pemerintah Desa melalui BUMDesnya, dan diharapkan Kepala Desa dan masyarakatnya dapat mengoptimalkan dari potensi tersebut. Kalau melihat kondisinya itu hanya permulaan, tetapi, lama kelamaan kalau ini berkembang, tentu akan menjadi destinasi wisata baru,” tuturnya.

Terlebih menurutnya, sektor yang diangkat sebagai destinasi wisata andalan di desanya tersebut adalah pertanian dan destinasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan akan dilengkapi fasilitas kolam renang serta taman bermain berbasis edukasi atau pendidikan.

“Kita ambil contoh seperti di Jember ada salah satu desa wisata yang memberikan income kepada warga dan BUMDesnya itu hingga mendatangkan keuntungan miliaran rupiah. Seandainya menjadi wewenang ditingkat provinsi kami akan ajak kunjunga ke desa yang berhasil memanfaatkan potensinya sekaligus juga akan berkomunikasi dengan Dinas Pariwisata Kotabaru,” jelasnya.

Bahkan, Desa Bumi Asih, Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kotabaru juga dinobatkan sebagai kampung tanggung yang sampat saat ini penularan dari COVID-19 masih berada diangka nol kasus.

“Nah ini, yang pastinya sebagai langkah awal dalam pemulihan ekonomi dimasa sekarang salah satunya adalah pandemi harus bisa segera berakhir, selain keuangan masyarakat kembali membaik pariwisata juga bisa secepatnya normal,” tutur anggota Komisi II DPRD Kalsel yang akrab disapa paman Yani itu.

Sementara itu, Kepala Desa Bumi Asih, Supardi mengungkapkan, destinasi yang didedikasikan untuk warga lokal di Kotabaru itu diakuinya memiliki daya tarik tersendiri sebagai tempat atau lokasi hiburan terbaik menghilangkan penat diakhir pekan.

Kades Bumi Asih, Supardi, memantau langsung pembangunan gerbang destinasi desa wisata. (Dok. Pemdes Bumi Asih)

“Kita liat masyarakat sekeliling, khususnya di Bumi Asih kalau mau berwisata cukup datang di lokasi yang telah disiapkan, tak harus lagi jauh-jauh datang ke Batulicin,” ungkapnya.

Selain memanfaatkan alokasi bantuan dari dana desa. Sumber pendapatan lainnya, Supardi mengakui juga berasal dari retribusi perkebunan sawit plasma dilingkungannya itu.

“Tentunya melalui dukungan penuh dari masyarakat Bumi Asih itulah yang membuat kami semangat untuk menjadikan desa di dalam kawasan Kecamatan Kelumpang Selatan bisa lebih maju lagi,” ucapnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.