12 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Webinar Literasi Digital Banjar; Digital Mindset Itu Penting, Begini Penjelasannya

2 min read

BANJAR – Era digital sekarang menjadikan suatu masa yang sudah mengalami perkembangan dalam segala aspek kehidupan menjadi serba digital

Era digital dapat dikatakan suatu kondisi kehidupan atau zaman di mana semua kegiatan yang mendukung kehidupan sudah dipermudah dengan adanya teknologi. Bisa juga dikatakan bahwa era digital hadir untuk menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar jadi lebih praktis dan modern.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar webinar dengan tema “Kenali batasan berinternet dengan literasi digital” di Kabupaten Banjar, Jumat (27/8/2021) pukul 15.00 WITA. Acara dibuka Bupati Banjar Saidi Mansyur.

Webinar ini menghadirkan pembicara yang berkompeten, dipandu Aulia Mawardika.

Salah satu narasumber Eiza Maghfira, menjelaskan terkait Budaya Digital yaitu Peran Digital untuk Mengubah Mindset.

“Digital mindset secara sederhana dapat dijabarkan sebagai pola pikir yang terbuka akan perkembangan teknologi dan memanfaatkan teknologi tersebut untuk media eksplorasi,” kata Eiza.

Masih kata Eiza, “bentuk pemanfaatannya dapat bermacam-macam dimulai dari penggunaan gadget, pengembangan bisnis berbasis digital, pembuatan konten dan lain-lain. Selain itu digital mindset dapat diterapkan dalam berbagai aspek termasuk dalam bidang bisnis, industri, pemerintahan, kreatif bahkan UMKM sekalipun”. jelasnya.

Menurut Eiza Digital Mindset itu penting karena persaingan di dunia digital terjadi begitu pesatnya, sehingga cukup banyak informasi yang dapat diketahui melalui internet, walaupun kehati-hatian dalam memilah data atau informasi yang didapat dari internet juga wajib ditingkatkan.

Menurut Eiza, ada 4 keuntungan memiliki Digital Mindset dalam Berliterasi Digital.

“Yang pertama mengetahui dan memahami perkembangan digital, kedua memahami tren (pasar) sehingga dapat menyesuaikan dengan kebijakan atau kepentingan berdasarkan tren tersebut, ketiga memiliki ilmu untuk pengembangan diri; baik di bidang sosial, profesional maupun hiburan (melihat segala sesuatu sebagai peluang), dan keempat mengetahui cara untuk meningkatkan produktivitas” ungkapnya. (RILIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.