24 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Fasyankes Untuk Lansia di PSTW Budi Sejahtera Kalsel Tetap Dijamin

1 min read

Kepala PSTW Budi Sejahtera Dinsos Kalsel, Surya Fujianorrochim

BANJARBARU – Fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) bagi lanjut usia (lansia) di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera Provinsi Kalimantan Selatan tetap dijamin. Meski diketahui, target pelaksanaan vaksinasi di lingkungannya hanya tercapai sekitar 33 persen saja.

“Meski vaksinasi lansia hanya tercapai 60 orang, untuk di Landsan Ulin berhasil sekitar 40 dan 20 orang lainnya di Martapura,” ujar Kepala PSTW Budi Sejahtera Dinsos Kalsel, Surya Fujianorrochim kepada Abdi Persada FM, baru-baru tadi.

Secara keseluruhan, dikatakannya bahwa yang tidak berhasil mendapatkan suntikan vaksinasi berjumlah 120 lansia.

“Akan tetapi, sisanya kami pastikan akan tetap diberikan layanan kesehatan secara intensif. Mengingat, kesehatan mereka begitu penting,” ucapnya.

Namun, dia berkomitmen upaya dalam mencegah terjadinya penyebaran serta penularan COVID-19, baik pengasuh, koki masak, dokter hingga tenaga kesehatan akan diperketat dengan protokol kesehatan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

“Meskipun lansia dan nakes yang tinggal di panti ini sudah mendapatkan vaksin. Keselamatan mereka menjadi prioritas kami,” paparnya.

Diungkapkannya, fasilitas layanan kesehatan yang didapatkan oleh lansia dipastikan beroperasi 24 jam dengan didampingi belasan perawat kesehatan dan sejumlah pengasuh.

“Karena mereka ini adalah orang cukup rentan, layanan kesehatan yang didapatkan pun juga tidak dipungut biaya apapun karena sudah dijamin oleh Pemprov Kalsel,” katanya.

Sebaliknya, Surya menuturkan dari 33 persen lanjut usia yang berhasil di vaksinasi baik dari tahap pertama dan kedua. Menurutnya, Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera Provinsi Kalimantan Selatan tidak akan melonggarkan protokol kesehatan.

“Kalau pun ada keluarga lansia datang berkunjung. Meski sudah divaksin, kami tetap mewajibkan mereka untuk mentaati prokes dengan menggunakan masker dan mencuci tangan terlebih dahulu,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.