17 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tingkatkan Pendapatan, Samsat Banjarmasin 1 Aktifkan Kembali Samkel

1 min read

Kepala UPPD Samsat Banjarmasin 1, Anni Hanisah

BANJARMASIN – Unit Pendapatan Pajak Daerah (UPPD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Banjarmasin 1 telah mengaktifkan kembali pelayanan mobil samsat keliling (samkel) untuk meningkatkan pendapatan daerah, khususnya dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Kepala UPPD Samsat Banjarmasin 1, Anni Hanisah mengatakan fasilitas layanan mobil samkel itu sudah enam bulan berjalan diaktifkan kembali di wilayah yang menjadi kewenangan Kantor UPPD Samsat 1 Banjarmasin, yakni di Kecamatan Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Barat.

“Karena kondisi masih pandemi COVID-19, maka layanan mobil samkel itu dengan penerapan protokol kesehatan ketat, yang harus dipatuhi oleh para wajib pajak saat membayar pajak kendaraan bermotornya,” katanya kepada wartawan, Senin (2/8).

Alasan kembali mengaktifkan layanan mobil samsat keliling, menurut Anni, karena pihaknya menilai layanan mobil samsat keliling lebih mempermudah masyarakat memanfaatkan fasilitas itu untuk membayar pajak kendaraan bermotornya.

“Layanan mobil samsat keliling itu dapat meningkatkan pendapatan daerah, tapi kita juga harus berkoordinasi dengan kepolisian untuk perizinan,” jelasnya.

 Anni menambahkan kendati saat pandemi Covid-19 pendapatan daerah mengalami penurunan, namun dari jumlah wajib pajak yang memanfaatkan fasilitas layanan ini mengalami peningkatan.

“Animo wajib pajak meningkat, per hari antara 40 sampai 80 berkas yang masuk,” ungkapnya.

Karena ada peningkatan jumlah wajib pajak, yang memanfaatkan fasilitas layanan tersebut, Anni Hanisyah berharap nantinya ada penambahan mobil samsat keliling, yang akan ditempatkan di wilayah perbatasan KM 6 Banjarmasin dan Sungai Gardu Veteran.

“Dua wilayah itu potensi pajaknya disinyalir dapat meningkatkan pendapatan,” pungkasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.