Ajang UMKM Sebagai Promosi Strategis Perdagangan Produk Kalsel

BANJARMASIN – Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan mengunjungi ke stand Ajang UMKM, bentuk Pameran Karya Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kalsel, Selasa (15/6) yang berlokasi di salah satu hotel di Banjarbaru.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani saat mengunjungi stand pameran

Kepada Abdi Persada FM, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani mengatakan, dari hasil kunjungan ini dapat dilihat, kegiatan Ajang UMKM dapat dijadikan sebagai momentum promosi perdagangan produk. Karena dalam Ajang UMKM, dipamerkan Karya Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kalsel,  dijual pula berbagai macam produk khas daerah dari Kabupaten dan kota di Kalsel. Seperti berupa kerajinan, anyaman, makanan, minuman, cemilan, dan fashion, yang merupakan hasil kreatifitas masyarakat di Banua.

“Kami menilai dengan banyak tamu maupun event yang dilaksanakan di salah satu hotel di dekat Bandara seperti ini, yang tentunya dihadiri juga tamu dari berbagai daerah regional dan nasional,  maka mereka akan menyempatkan berbelanja cinderamata, untuk dibawa pulang ke daerahnya,” ucapnya.

Birhasani menjelaskan, dengan adanya Ajang UMKM, Pameran Karya Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kalsel ini, secara tidak langsung menjadi ajang promosi dan publikasi  produk UMKM, apalagi masih dimasa pandemi COVID-19. Harapannya akan mampu menembus pangsa pasar nasional.

Kepala Disdag Kalsel Birhasani, bersama Ketua DPD Gerakan Kewirausahaan Nasional Kalsel Isna Alib

“Saya rasa, dengan mengunjungi dan berbelanja produk itu, sebagai cara turut berpartisipasi membangun perekonomian daerah. Dalam sepekan berlangsung kegiatan saja, saya sudah dua kali berkunjung untuk melihat sekaligus memberikan spirit kepada para pelaku UMKM, bahkan aktifitas transaksi lumayan besar, omzetnya perhari mencapai hingga jutaan rupiah,” katanya.

Sementara itu Ketua DPD Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Kalsel Isna Alib mengatakan, dirinya sangat bangga dan bersyukur atas dipercayanya UKM yg tergabung dlm jajaran GKN se Kalsel, dalam kegiatan ini, terlebih lagi di masa pandemi, tentu akan membuat pelaku UKM menjadi semakin bergairah menekuni usahanya.

Untuk diketahui, Ajang UMKM, Pameran Karya Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kalsel, digelar di salah satu hotel di Banjarbaru, sejak 8 Juni – 31 Juli 2021 mendatang. (NHF/RDM/RH)

Pemprov Kalsel Dukung Program YESS Kementan RI

BANJARBARU – Selasa (15/6), bertempat di salah satu hotel di Banjarbaru, digelar kegiatan kemitraan multi pemangku kepentingan Provinsi melalui kegiatan kerjasama Provinsi (Provincial Multi-Stakeholder Partnership) Program Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda di Sektor Pertanian (YESS) tahap 1 tahun 2021.

Penandatanganan Kerjasama Program YESS antara Pemprov Kalsel dan perwakilan Kementan

Kegiatan ini dihadiri dihadiri kepala UPT Kementerian Pertanian, Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, Kepala Bappeda Provinsi Kalsel Nurul Fajar Desira, serta penanggung jawab program YESS selaku Kepala Sekolah SMK-PP Negeri Banjarbaru Budi Santoso.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar menyampaikan, Kalimantan Selatan memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah salah satunya sektor pertambangan. Namun Kalimantan Selatan tidak bisa bergantung pada sektor pertambangan saja, sehingga pihaknya akan menggali sektor baru. Salah satunya adalah sektor pertanian. Dengan adanya Program Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda di Sektor Pertanian (YESS) diharapkan dapat menciptakan wirausahawan baru.

“Di Kalsel, program YESS berlokasi di tiga kabupaten, ketiga kabupaten tersebut adalah kabupaten Tanah Laut, kabupaten Tanah Bumbu, dan Kabupaten Banjar. Program YESS sudah berjalan sejak tahun 2019, dan ditargetkan sampai tahun 2025,” ungkap Roy Rizali.

Roy Rizali mengharapkan Pemerintah Kabupaten dan Kota dapat mendukung kegiatan Program YESS.

“Saya harap ada dana APBD provinsi, kabupaten dan kota untuk mendukung kegiatan ini, sehingga diharapkan ada koordinasi dinas terkait untuk merealisasikan hal tersebut,” lanjut Roy Rizali.

Dilanjutkan Roy Rizali Anwar, dengan dilaksanakannya program YESS ini maka akan lahir banyak wirausaha muda, dan pertanian di Kalsel, dan semuanya akan semakin maju.

“Melalui program YESS akan terwujud regenerasi program petani, sehingga kedepan sektor pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan,” tutup Roy Rizali.

Sementara itu Kepala SMK-PP Banjarbaru Budi Santoso selaku Penanggung Jawab program YESS di Kalsel mengungkapkan, dukungan stakeholder penting untuk mendukung program YESS, maka perlu kemitraan multi pemangku dari provinsi.

“Sejak tahun 2019, ada beberapa kegiatan yang sudah dilakukan. Mulai dari pelatihan penyuluh sampai mapping study. Saat ini sedang berlangsung mapping study dengan lembaga di UI dan Unpad,” ungkap Budi Santoso.

Seperti diketahui, program YESS merupakan program besutan Kementerian Pertanian (Kementan) yang bertujuan untuk melahirkan wirausaha milenial di bidang pertanian. (MRF/RDM/RH)

Pererat Kemitraan, Bidang Humas Polda Kalsel Silaturahmi Dengan Wartawan

BANJARMASIN – Bidang hubungan masyarakat (Humas) Polda Kalsel menggelar silaturahmi dan makan bersama puluhan insan media mitra Polda Kalsel di salah satu rumah makan kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean di Banjarmasin, pada Selasa (15/6).

Kegiatan tersebut dihadiri Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i diwakili Kasubbid Penmas AKBP Zaenal Arifin, Kasubbid PID Pembina TK.I Drs. Hamsan dan para personel Bid Humas Polda Kalsel, serta puluhan wartawan media cetak, online dan elektronik.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i melalui Kasubbid Penmas AKBP Zaenal Arifin mengatakan, kegiatan tersebut sudah rutin digelar antara Bid Humas Polda Kalsel dengan Insan Pers sebagai ajang silaturahmi dan meningkatkan sinergitas yang selama ini terjalin dengan baik.

”Silaturahmi seperti ini harus terus dilaksanakan, selain sebagai ajang silaturahmi juga untuk menjalin komunikasi lebih kekeluargaan antara Polri dan wartawan sehingga komunikasi pun lebih santai dan nyambung,” ujar AKBP Zaenal Arifin.

Dalam suasana akrab tersebut, para Kasubbid Bid Humas Polda Kalsel meluangkan waktu untuk berbagi informasi dan mendengarkan masukan hingga melakukan sesi tanya jawab bersama wartawan.

”Suasana seperti ini kan lebih nyaman jadi kita bisa sharing atau berbagi informasi dengan santai, jadi jika selama ini mungkin ada miskomunikasi, kita sama-sama maklum, tapi dengan kita ngobrol santai seperti ini semuanya kan jadi clear,” jelas Kasubbid PID Pembina TK.I Hamsan menambahkan.

Sementara itu salah satu wartawan, mengapresiasi kegiatan silaturahmi dengan Bid Humas Polda Kalasel tersebut.

Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan karena sejatinya Wartawan dengan Polri adalah mitra kerja dan saling membutuhkan.

Silaturahmi penting terlebih dengan kesibukan tugas masing- masing, hingga komunikasi pun kerap tersendat.

”Kegiatan silaturahmi seperti ini baik sekali untuk kemitraan antara Wartawan dan Polri, secara pribadi saya sangat berterimakasih Kabid Humas Polda Kalsel diwkaili para Kasubbid yang sudah menyempatkan diri di tengah kesibukannya untuk meluangkan waktu silaturahmi dan makan bersama kami,” tuturnya. (HUMASPOLDAKALSEL-RIW/RDM/RH)

Pekerjaan Titian Antasan Bondan Banjarmasin Mulai Dilaksanakan

BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin akhirnya melaksanakan perbaikan terhadap titian jalan dikawasan Antasan Bondan, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Kabid Perkim Kota Banjarmasin Agus mengatakan, Pemerintah Kota Banjarmasin saat ini mulai melakukan pekerjaan perbaikan titian jalan Antasan Bondan.

Kabid Perkim Kota Banjarmasin Agus

“Perbaikan titian Antasan Bondan tersebut, berdasarkan permintaan warga setempat, yang disampaikan melalui keluhan mereka,” ucap Agus, kepada sejumlah wartawan, Selasa (15/6).

Agus mengatakan, perbaikan titian Antasan Bondan tersebut, untuk mengurangi kawasan kumuh di Kota Banjarmasin. Dengan luasan lahan kurang dari 10 hektar.

“Pembangunan tersebut, meliputi perbaikan jalan titian dari kayu Ulin serta diatasnya dilakukan pengecoran,” ujarnya.

Jalan titian Antasan Bondan tersebut, tambahnya, dikerjakan sepanjang 719 meter serta lebar 1,4 meter.

Sedangkan, lanjut Agus, untuk anggaran pembangunan titian Antasan Bondan sebesar Rp2,8 Miliar.

“Kami menargetkan target pekerjaan perbaikan titian Antasan Bondan selama 6 bulan hari kerja,” ucapnya.

Budi berharap, warga setempat dapat mendukung pekerjaan perbaikan titian Antasan Bondan tersebut. Meski, selama pekerjaan berlangsung akan menyebabkan akses jalan setempat terganggu.

“Kami minta dukungan dari warga setempat, selama bekerjaan perbaikan titian Antasan Bondan berlangsung,” ujar Agus. (SRI/RDM/RH)

Warga Banjarmasin Selatan, Mulai Mendapat Vaksin COVID-19

BANJARMASIN – Sebanyak 154 warga yang berada di wilayah Banjarmasin Selatan,  mendapatkan  Vaksinasi COVID-19, Senin (14/6).

Kegiatan Respon Vaksinasi Bid Dokkes Polda Kalsel ini berlangsung di Halaman Polsekta Banjarmasin Selatan Jalan Tembus Mantuil Kelayan Selatan, Kota Banjarmasin.

Selaku Penanggung jawab kegiatan Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Ubaidillah mengatakan,  vaksinasi massal yang diperuntukan bagi masyarakat umum ini,  merupakan bentuk dukungan dalam menjalankan program pemerintah.

“Pemberian vaksin ini, juga membantu percepatan vaksinasi COVID-19 serta untuk memutus mata rantai penularan dan penyebaran COVID-19,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut berjalan lancar, seluruh peserta yang sudah didata melaksanakan vaksin dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. (HUMASPOLDAKALSEL-RIW/RDM/RH)

Bank Kalsel Raih Penghargaan di Ajang ICCA 2021

JAKARTA – Setelah menerima 4 penghargaan dalam ajang 10th Infobank Digital Brand Awards 2021 beberapa saat yang lalu, Bank Kalsel kembali mendapat apresiasi mengesankan. Bank asli milik daerah Provinsi Kalimantan Selatan ini diberikan penghargaan pada gelaran ”Indonesia Corporate Secretary & Corporate Communication Award – VI – 2021 (ICCA-VI-2021)”. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Majalah Economic Review bekerjasama dengan Ideku Group, Indonesia – Asia Institute secara daring, pada akhir pekan lalu.

Ajang yang bertemakan “Digital Literacy” Winning New Competition Era tersebut, menganugerahkan kepada Bank Kalsel yaitu “2nd The Best Informative Website” dalam kategori BPD – BUKU – II – Asset < Rp 25 Trilyun. Ajang tersebut juga diikuti oleh berbagai institusi keuangan terkemuka di Indonesia mulai dari BUMN, BPD, Bank Syariah, Multifinance, Asuransi, BPR, dan lain – lain.

Founder Majalah Economic Review sekaligus Ketua Dewan Juri dalam ajang tersebut, Hj Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penghargaan ini dilatarbelakangi betapa pentingnya peran corporate secretary dan corporate communication dalam membangun reputasi perusahaan.

“Kami memberikan apresiasi tertinggi kepada perusahaan-perusahaan yang mampu merencanakan, mengimplementasikan, memonitor dan mengevaluasi strategi dan program Corsec- Corcomm – PR serta mampu membuktikan efektivitasnya dalam pembangunan reputasi perusahaan. Keteladanan perusahaan-perusahaan tersebut yang terbukti mampu membangun strategi komunikasi korporat hingga menciptakan daya saing dan berdaya tahan tinggi dalam pembangunan dunia korporasi dan perekonomian Indonesia, dapat menjadi role model bagi perusahaan lainnya yang ada di Indonesia,” ujar Irlisa.

Di kesempatan berbeda, Shah Rizky Kurniawan selaku Senior Assistant Manager Keberlanjutan Perusahaan, Divisi Corporate Secretary mewakili Direksi Bank Kalsel menyampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Majalah Economic Review, atas penghargaan yang diberikan, sehubungan dengan prestasi Corporate Secretary dan Corporate Communication Bank Kalsel dalam meningkatkan brand image dan brand awareness perusahaan di masyarakat.

“Alhamdulillah, terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Majalah Economic Review dan Indonesia – Asia Institute beserta seluruh dewan juri atas apresiasi yang diberikan. Penghargaan ini tentunya tidak lepas dari support seluruh stakeholder serta nasabah setia Bank Kalsel yang interaktif dalam mengakses website dan akun media sosial Bank Kalsel. Tentunya ini akan kami jadikan motivasi lebih dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam optimalisasi teknologi,” jelas Rizky.

Bank Kalsel saat ini terus meningkatkan kedekatan kepada nasabah melalui pengenalan produk dan kegiatan perusahaan termasuk juga Corporate Social Responsibility (CSR) melalui website resmi www.bankkalsel.co.id dan akun instagram @bankkalsel. Hal tersebut juga sebagai upaya memanfaatkan secara optimal peluang di sisi teknologi sehingga mampu berkomunikasi dengan baik secara digital di dunia maya dan mampu membangun daya tarik konsumennya secara online dan offline.

“Penguatan sekretariat dan komunikasi perusahaan merupakan suatu keharusan untuk dilakukan setiap perusahaan dalam rangka menggalang dukungan seluruh pemegang saham yang berimbas positif dalam peningkatan segala lini layanan kepada nasabah dan masyarakat,” tutup Rizky.  (ADV-RIW/RDM/RH)

Exit mobile version