6 Desember 2021

Pemprov Kalsel Dukung Program YESS Kementan RI

2 min read

BANJARBARU – Selasa (15/6), bertempat di salah satu hotel di Banjarbaru, digelar kegiatan kemitraan multi pemangku kepentingan Provinsi melalui kegiatan kerjasama Provinsi (Provincial Multi-Stakeholder Partnership) Program Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda di Sektor Pertanian (YESS) tahap 1 tahun 2021.

Penandatanganan Kerjasama Program YESS antara Pemprov Kalsel dan perwakilan Kementan

Kegiatan ini dihadiri dihadiri kepala UPT Kementerian Pertanian, Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, Kepala Bappeda Provinsi Kalsel Nurul Fajar Desira, serta penanggung jawab program YESS selaku Kepala Sekolah SMK-PP Negeri Banjarbaru Budi Santoso.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar menyampaikan, Kalimantan Selatan memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah salah satunya sektor pertambangan. Namun Kalimantan Selatan tidak bisa bergantung pada sektor pertambangan saja, sehingga pihaknya akan menggali sektor baru. Salah satunya adalah sektor pertanian. Dengan adanya Program Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda di Sektor Pertanian (YESS) diharapkan dapat menciptakan wirausahawan baru.

“Di Kalsel, program YESS berlokasi di tiga kabupaten, ketiga kabupaten tersebut adalah kabupaten Tanah Laut, kabupaten Tanah Bumbu, dan Kabupaten Banjar. Program YESS sudah berjalan sejak tahun 2019, dan ditargetkan sampai tahun 2025,” ungkap Roy Rizali.

Roy Rizali mengharapkan Pemerintah Kabupaten dan Kota dapat mendukung kegiatan Program YESS.

“Saya harap ada dana APBD provinsi, kabupaten dan kota untuk mendukung kegiatan ini, sehingga diharapkan ada koordinasi dinas terkait untuk merealisasikan hal tersebut,” lanjut Roy Rizali.

Dilanjutkan Roy Rizali Anwar, dengan dilaksanakannya program YESS ini maka akan lahir banyak wirausaha muda, dan pertanian di Kalsel, dan semuanya akan semakin maju.

“Melalui program YESS akan terwujud regenerasi program petani, sehingga kedepan sektor pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan,” tutup Roy Rizali.

Sementara itu Kepala SMK-PP Banjarbaru Budi Santoso selaku Penanggung Jawab program YESS di Kalsel mengungkapkan, dukungan stakeholder penting untuk mendukung program YESS, maka perlu kemitraan multi pemangku dari provinsi.

“Sejak tahun 2019, ada beberapa kegiatan yang sudah dilakukan. Mulai dari pelatihan penyuluh sampai mapping study. Saat ini sedang berlangsung mapping study dengan lembaga di UI dan Unpad,” ungkap Budi Santoso.

Seperti diketahui, program YESS merupakan program besutan Kementerian Pertanian (Kementan) yang bertujuan untuk melahirkan wirausaha milenial di bidang pertanian. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?