25 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

22 Desa di Kalsel Masih Belum Tersentuh PLN

1 min read

GM PT PLN (Persero) unit induk wilayah Kalselteng, Tonni Bellamy

BANJARBARU – Pembangunan secara merata terus menjadi perhatian bagi pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Termasuk pengaliran energi listrik hingga pelosok.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berharap, pengaliran listrik yang merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat harus terpenuhi sehingga partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam membangun daerahnya dapat terwujud.

“Semoga PLN terus berjaya dan dapat terus menerangi wilayah Kalsel khususnya daerah terpencil,” ujar Sahbirin Noor, Rabu (15/12).

Sementara itu, Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) unit induk wilayah Kalselteng, Tonni Bellamy menerangkan hingga saat ini rasio elektrifikasi atau perbandingan jumlah pelanggan rumah tangga yang memiliki sumber penerangan baik dari listrik PLN maupun listrik non-PLN dengan jumlah rumah tangga di wilayah Kalsel mempunyai angka 99,6 persen.

“Namun jika ditambahkan dengan non PLN atau swadaya masyarakat yakni listrik skala kecil, Kalsel sudah berada di angka 99,9 persen,” terangnya.

Lalu untuk rasio desa berlistrik hingga akhir 2021 ini lanjutnya, PLN Kalsel telah mengaliri listrik sebesar 98 persen. Yang mana sisanya akan diselesaikan pada 2022 hingga 2023 mendatang.

“Secara total masih ada 22 desa yang belum teraliri listrik PLN. Desa ini berada di Kabupaten HST, HSS dan Kotabaru,” tambahnya.

Beberapa alasan dipaparkan Tonni Bellamy terkait masih adanya pekerjaan rumah ini, yakni infrastruktur jalan di desa tersebut masih belum memadai untuk mengangkut material.

“Hal tersebut bisa diselesaikan dengan baik, selama kerjasama pemerintah setempat juga berjalan dengan baik. Namun biasanya akan dipercepat pembangunan infrastruktur,” paparnya. (ASC/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.