22 Februari 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Gubernur Kalsel Hadiri Wisuda Mustawa 9 Angkatan IX Tahun Pelajaran 2020-2021

2 min read

Gubernur Kalsel saat menyerahkan hadiah kepada peringkat pertama wisuda tahfid qur'an darussalam martapura

BANJAR – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, menghadiri acara Wisuda Mustawa 9 angkatan IX tahun pelajaran 2020-2021, Tahfidz Qur’an Darussalam Martapura pada Kamis (30/9), selain Gubernur Kalsel, Mustawa tersebut juga dihadiri Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, Kepala BPBD Provinsi Kalsel Mujiyat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Diauddin, serta Kepala PUPR Kabupaten Banjar Ahmad Solhan.

Mustawa atau wisuda Tahfidz Qur’an tersebut, dibuka oleh Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfiz dan Ilmu Alquran KH Muhammad Wildan Salman atau yang biasa disebut Guru Wildan. Dalam sambutannya disampaikan Guru Wildan, hari wisuda merupakan hari yang ditunggu oleh para santri dan para orang tua santri yang menyaksikan langsung melalui kanal Youtube, dikarenakan sejak berdiri pada tahun 2000, wisuda Tahfidz Qur’an Darussalam Martapura baru pertama kali ini dihadiri langsung oleh orang nomor 1 di Kalsel, yakni Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

“Dahulu dihadiri oleh Bupati Kabupaten Banjar Rudy Arifin sebelum beliau menjadi Gubernur periode 2005-2010 hingga 2010-2015, dan alhamdulillah wisuda kali ini dihadiri langsung oleh orang yang paling kita cintai, yakni Gubernur kita Sahbirin Noor,” ucap Guru Wildan.

Guru Wildan menambahkan, Tahfidz Qur’an Darussalam Martapura diresmikan langsung oleh Menteri Agama RI yang dijabat oleh Said Agil Husin Al Munawar pada tahun 2002, dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Bupati Kabupaten Banjar Rudy Arifin pada tahun 2003, dan ditahun 2004 Tahfidz Qur’an Darussalam Martapura melaksanakan wisuda pertama kali sebanyak 6 orang para wisudawan.

“Tahfidz Qur’an Darussalam Martapura sudah mengeluarkan sebanyak 633 santi hingga tahun 2021, para santri berasal dari Kalsel, Kaltim, Kalteng, Kalbar, bahkan dari luar pulau seperti Jakarta dan Riau,” lanjut Guru Wildan.

Sementara itu , Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan selamat kepada seluruh para santri, yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di Madrasah Tahfidz Qur’an Darussalam Martapura, tahun pelajaran 2020-2021.

“Mudah-mudahan para santri dapat menjadi Hafizh/Hafizhah yang kita harapkan dapat menjadi generasi penerus para alim-ulama, para guru-guru kita, sehingga banua kita dapat terus memiliki para alim-ulama dari generasi ke generasi,” sahut Sahbirin Noor.

Sahbirin Noor mengharapkan, dari tahun ketahun akan semakin banyak para penghapal Al-Qur’an yang lahir dari berbagai Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an.

“Dengan begitu akan semakin banyak generasi Qur’ani dibanua ini, generasi yang mampu membaca dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, dan menguasai ilmu Al-Qur’an,” lanjut Sahbirin Noor.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kalsel, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor siap membantu Madrasah Darussalam Tahfiz dan Ilmu Alquran untuk meningkatkan setiap apa yang dibutuhkan madrasah darussalam. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.