24 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

BPN Kalsel Berjanji Tingkatkan Pelayanan Publik

2 min read

Gubernur Kalsel saat menjadi inspektur upacara Hari Agraria dan Tata Ruang tahun 2021

BANJARBARU – Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021, di halaman Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Jumat  (24/9) pagi.

Peringatan upacara ditahun ini mengusung tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional” dengan maksud melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) dan turunannya untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia, dengan cara memberikan kemudahan berusaha bagi UMKM serta mendorong investasi.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A. Djalil.

Gubernur Kalsel saat menyematkan tanda Satyalencana Karya Satya

Dalam sambutannya Sofyan mengatakan, salah satu tujuan UUCK adalah memperbaiki persoalan perizinan kegiatan berusaha, dimana hal tersebut telah memberikan ruang yang lebih luas dan peran penting sebagai ujung tombak dalam pemberian izin berusaha. Dukungan kemudahan perizinan diberikan melalui penyederhanaan persyaratan.

“Hanya ada 3 (tiga) persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka kegiatan berusaha yaitu Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KPPR), Persetujuan Lingkungan, dan Detail Tata Ruang (RDTR) yang bersama Pemerintah Daerah harus segera kita dorong dan percepat penerbitannya,” terangnya.

Terkait tata ruang, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan Geographyc Information System Tata Tuang (GISTARU), di antaranya RTR-Online, RDTR Interaktif, RTR-Builder, Konsultasi Publik Online, dan Protaru.

Adapun sejalan dengan semangat percepatan pemulihan ekonomi nasional, hari ini akan diluncurkan Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online.

“Dengan adanya layanan elektronik ini, maka masyarakat lebih yakin dengan kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor pertanahan. Nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya, dan transparansi pelayanan,” jelasnya.

Di tengah gerimis, upacara tetap berlangsung dengan khidmat. Sebelum meninggalkan podium, Gubernur Sahbirin Noor  mengucapkan selamat merayakan Hari Agraria.

“Saya bangga dengan anda (peserta upacara) hari ini yang tetap mengikuti upacara meskipun sedang hujan, semoga Kementerian ATR/BPN selalu Berjaya, ” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPN Kalsel Alen Saputra usai mengikuti upacara peringatan mengaku siap mempercepat investasi di Kalimantan Selatan.

“Mudah-mudahan kami berjanji akan meningkatkan pelayanan, apapun jenis pelayanannya, tidak hanya investasi, tetapi juga reforma agraria yang melayani masyarakat dan akan mendekatkan BPN kepada masyarakat,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Kalsel juga memberikan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya untuk masa bakti 10, 20, dan 30 tahun secara simbolis kepada tiga perwakilan ASN. (TR21-01/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.