14 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Oktober 2021, Disdukcapil dan KB Kalsel Akan Gelar Rakor

1 min read

Kepala Disdukcapil dan KB Kalsel, Irfan Sayuti

BANJARBARU – Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Kalsel akan menyelenggarakan rapat koordinasi bersama dengan pemerintah kabupaten/kota pada 2 Oktober 2021 mendatang. Hal tersebut, dalam upaya mengoptimalkan program pelayanan sadar administrasi kependudukan.

Kepala Disdukcapil dan KB Kalsel, Irfan Sayuti mengungkapkan, dengan adanya pencanangan dalam program tersebut setidaknya masyarakat di seluruh daerah di provinsi ini diharapkan sudah memiliki data kependudukan yang tercatat di masing-masing Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Penyelenggaraan ini, kami sebut ‘Pendaftaran Administrasi Kependudukan Rentan’. Harusnya, kegiatannya itu dilaksanakan 28 Juni kemarin tapi karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sementara ditunda. Tapi, akhirnya sudah bisa dijadwalkan,” ungkapnya melalui sambungan telepon, Kamis (23/9).

Dirinya menambahkan, salah tujuan utama pelaksanaan rapat koordinasi itu selain menggelar diskusi dan sosialisasi. Program ini juga ditujukan lebih kepada masyarakat yang tidak tercatat, terekam ataupun belum memiliki data kependudukan secara sah dari Dukcapil setempat.

“Salah satunya desa yang sulit diakses (pedalaman atau terpencil), lembaga pemasyarakatan (lapas/rutan) dan penghuni panti sosial yang bisa juga belum mempunyai KTP atau tidak memiliki tapi sebelumnya pernah direkam,” bebernya.

Dengan adanya program ini, tentu lebih memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya bagi yang tempat tinggalnya terisolir. Terlebih lagi, administrasi kependudukan diketahui juga merupakan syarat untuk memverifikasi bantuan sosial baik melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kemensos ataupun rehabilitasi rumah layak huni dari Kementerian PUPR Republik Indonesia. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.