14 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Gubernur Kalsel : SP4N LAPOR! Jadi Penyeimbang Kritik Masyarakat

2 min read

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

BANJARBARU – Kritik dan respon yang cepat terhadap dinamika penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan khususnya di sektor-sektor yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik, sudah menjadi hal yang lumrah dewasa ini. Terlebih kritik dan respon terhadap kinerja pemerintah ini sangat mudah untuk disampaikan di era digitalisasi saat ini.

Hal ini disadari betul oleh pemerintah provinsi Kalimantan Selatan selaku penyelenggara negara dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Alhamdulillah, SP4N LAPOR hadir untuk mengimbangi kecepatan respon dan kritik masyarakat,” ungkap Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, saat memberikan paparan pada Monitoring dan Evaluasi SP4N-LAPOR! se-Kalsel Tahun 2021 melalui Virtual Meeting, di ruang Command Center Setdaprov Kalsel, Rabu (22/9) kemarin.

Paman Birin -sapaan akrabnya- berujar, SP4N (sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) yang terintegrasi dari pemerintah pusat dan daerah akan sangat mudah memberikan respon terhadap kritik masyarakat.

“Prinsipnya, SP4N LAPOR mendorong masyarakat agar tidak salah menyampaikan kritik maupun pengaduan,” ucapnya.

Paman Birin pun bersyukur, SP4N LAPOR ini diterima dengan baik oleh masyarakat Kalsel. Hal ini terbukti dengan tingginya tingkat partisipasi masyarakat untuk memanfaatkan SP4N LAPOR.

“Hingga saat ini, pengaduan yang masuk di Kalsel sudah sebanyak 7.547 laporan,” ujarnya.

Dari total 7.547 laporan tersebut, sebanyak 7.449 laporan dinyatakan telah selesai atau mendapatkan tindak-lanjut dari instansi terkait.

“Ada 99 persen yang sudah ditindaklanjuti, luar biasa. Ini artinya SP4N LAPOR di Kalsel berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Namun demikian, Paman Birin juga meminta kepada Bupati/Walikota, agar terus berupaya untuk mendorong partisipasi masyarakat agar semakin aktif dalam menyampaikan aspirasinya.

Untuk diketahui, terdapat lima besar topik terbanyak yang menjadi bahan laporan masyarakat melalaui SP4N LAPOR: yakni, infrastruktur jalan, infrastruktur pendukung, ketentraman dan ketertiban umum, pendidikan serta administrasi kependudukan. (ASC/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.