19 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Ritual Adat Seserahan Hutan Desa Paau, Wakil Rakyat: Tumbuhkan Generasi Muda Peduli Hutan

1 min read

Anggota Komisi I DPRD Kalsel Fahrani (kiri) saat menghadiri ritual adat seserahan hutan Desa Paau Kabupaten Banjar

BANJARMASIN – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Fahrani menyambut baik ritual adat Seserahan Hutan di Batu Balian yang digelar oleh masyarakat Desa Paau Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar, Senin (20/9).

Suasana Ritual Adat Seserahan Hutan di Desa Paau Kabupaten Banjar

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka ikut berpartisipasi melestarikan hutan Meratus dengan cara adat dan budaya, sehingga diharapkan tumbuh pola pendidikan bagi generasi muda dalam ikut serta peduli dan melestarikan hutan berkelanjutan.

“Kedepan, kita berharap kegiatan adat tahunan masyarakat Desa Paau ini dapat terus dilestarikan dengan event yang lebih besar serta lebih terencana lagi, sehingga semangat menjaga hutan tetap tumbuh di kalangan generasi muda di Kalsel,” kata Ketua Karang Taruna Kabupaten Banjar ini kepada wartawan, Rabu (22/9).

Fahrani menyatakan sangat optimis dan mendukung ritual adat tersebut bisa kembali dilakukan pada tahun depan. Selain itu, ia juga berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, Dinas Pariwisata, dan steakholder terkait dapat berpartisipasi dalam menyukseskan event-event serupa di Kalsel, termasuk meningkatkan fasilitas dan infrastruktur di kawasan Desa Paau.

“Peran kabupaten dan provinsi sangat penting untuk melengkapi infrastruktur agar tamu dan undangan bisa lebih dapat menikmati kegiatan dengan fasilitas yang cukup seperti fasilitas MCK, kebersihan di lapangan, penginapan yang difasilitasi oleh masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, Objek Wisata Batu Balian di Desa Paau ini menyajikan pemandangan alam yang menawan, mulai dari pegunungan hingga sungai, dengan menempuh perjalanan air menggunakan kapal (perahu bermotor) sekitar satu setengah jam dari pelabuhan Tiwingan Lama, Riam Kanan. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.