18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Wagub Kalsel Sumbangkan Darahnya Yang Tergolong Langka

2 min read

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar berdampingan dengan Wagub Kalsel Muhiddin saat akan donor darah

BANJARBARU – Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan donor darah, terutama bagi orang lain yang membutuhkan. Sumbangan darah dari satu orang, disebut dapat menyelamatkan hingga 3 nyawa dan disebut-sebut jika donor tersebut dibutuhkan setiap dua detik.

Hal inilah yang mendasari kegiatan bakti sosial donor darah, yang dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kalsel bekerjasama dengan UDD Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, di pelataran Setdaprov Kalsel, Selasa (14/9).

Pada kesempatan ini, puluhan anggota Satpol-PP Kalsel serta pegawai di lingkungan Setdaprov Kalsel secara bergantian menyumbangkan darahnya.

Diantara antrian, juga nampak Wakil Gubernur Kalsel, Muhiddin dan Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar turut serta menyumbangkan darahnya.

Usai donor, Muhiddin berujar, kegiatan donor darah mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, karena adanya siklus pergantian darah kotor.

“Kebetulan setelah menerima tamu Mensos Ibu Risma (kunjungan di Kalsel), dari bandara bersama sekda langsung ke kantor, ternyata ada donor darah. Saya langsung ikut. Karena donor darah merupakan pergantian darah. Darah kira diambil artinya darah yang baru masuk. bagus untuk kesehatan,” ujarnya.

Donor darah sebutnya, seyogyanya dilakukan secara rutin minimal satu kali dalam setahun. Agar pergantian darah menjadi lancar. Muhiddin pun berharap, agar kegiatan ini dapat diikuti oleh instansi lainnya.

“Semoga SKPD lainnya juga bisa melaksanakan, bukan hanya dari Satpol-PP. Demi menjaga kesehatan bersama,” sebutnya.

Terlebih kata Muhiddin, dirinya mempunyai golongan darah AB, yang sulit untuk dicari. Sehingga dipastikan sangat membantu bagi mereka yang membutuhkan.

“Kalau AB ini, kata dokter 1 banding 10. Jadi sulit dicari, dan akan sangat membantu,” katanya.

Diketahui kegiatan ini juga diikuti beberapa insan media yang biasa melakukan peliputan di lingkungan Pemprov Kalsel. (ASC/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.