12 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tingkatkan Layanan Mutu Berstandart Nasional dan Internasional dengan Aplikasi E-Kaliberasi

2 min read

Kepala BPSMB Disdag Kalsel, Tanwiriah

BANJARBARU – Untuk meningkatkan kualitas layanan berstandar nasional dan internasional, Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Kalimantan Selatan kini miliki aplikasi berbasis digital yang diberi nama elektronik kaliberasi.

Kepala BPSMB Disdag Kalsel, Tanwiriah mengakui, keberadaan aplikasi ini membuat kegiatan layanan tatap muka (luring) dengan penerapan PPKM level 4 di Banjarbaru dianggap berkurang. Terlebih, masifnya penularan wabah virus Corona menjadi langkah tepat dalam penggunaan aplikasi tersebut.

“Dengan inilah cara kami untuk memaksimalkan program pengujian dan kaliberasi. Meski ada keterbatasan, namun, tidak menghalangi kami dalam memberikan layanan yang prima,” ujarnya kepada Abdi Persada FM di ruang kerjanya, Senin (13/9) kemarin.

Berbagai inovasi terus dilakukan pihaknya dan kini berhasil menciptakan sesuatu yang baru. Dimana, aplikasi berbasis digital tersebut, ternyata mampu memberikan layanan terbaik secara optimal.

“Ini termasuk dalam layanan unggulan kami yang baru, mudah-mudahan kepuasan konsumen terhadap inovasi pengembangan BPSMB Disdag Kalsel bisa dapat dan kedepan mampu dimanfaatkan dengan lebih baik lagi. Hingga kini, kami juga masih melayani 9 provinsi di Indonesia,” jelasnya.

Terlebih, dikatakan Tanwiriah, aplikasi e-Kaliberasi ini merupakan penyempurnaan dari program layanan digital berbasis online Sistem Informasi Pelayanan Unit Teknis (SIPUT) Kalsel yang sebelumnya hanya terdapat di dalam website.

“Tentu ini akan digunakan oleh konsumen kami termasuk perusahaan yang kini menjadi pelanggan setia karena sangat aman dan membantu mereka. Meski diakui akan jarang sekali nantinya untuk tatap muka,” paparnya.

Untuk mendapatkan pelayanan tersebut, lanjut Tanwiriah, pelanggan tinggal mengakses kode batang yang terdapat di media sosial pihaknya dengan cara di scanning.

“Selain di kantor induk, aplikasi ini bisa dilihat di Instagram kami BPSMB Prov Kalsel 1405 disana sudah ada link bio yang dapat diakses oleh seluruh pelanggan,” bebernya.

Lanjut, ia menyampaikan, program e-Kaliberasi yang praktis hanya tinggal ditempelkan melalui sistem barcode itu ternyata juga mendapatkan respon positif dari pelanggannya.

“Termasuk, Kepala Dinas Perdagangan kami, pak Birhasani. Ini merupakan capaian yang luar biasa dari berbagai pihak termasuk staff dan jajaran yang ada di BPSMB,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Pengujian dan Kaliberasi BPSMB Kalsel, R.O Suharianto mengungkapkan, setelah terciptanya e-Kaliberasi, pada September 2021 thermo hygro yang diakui sebagai layanan terbaru ini juga berhasil mendapatkan akreditasi.

“Pelayanan ini ada di laboratorium kaliberasi bahkan sudah diakui secara nasional dan internasional oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Maka dari itu, kosumen sudah bisa menggunakan jasa tersebut,” ucapnya.

Terlebih, layanan thermo hygro ini diakui berguna khusus mengatur suhu ruangan yang berstandar baik untuk bidang industri ataupun bisnis di dalam usaha perdagangan.

“Berguna untuk pergudangan, swalayan, minimarket, mall, hingga farmasi. Langkah ini merupakan standarisasi dan kami siap melayani melalui jasa baru itu. Bahkan, BPSMB Disdag Kalsel sudah punya aplikasi e-Kaliberasi, jadi mudah saja untuk melakukan interaksi meski melalui daring,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.