24 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Akan Jadikan WCD Kick Off Program Martapura Bungas

1 min read

Kepala Dinas Lingkungan Hidup provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana

BANJARBARU – World Cleanup Day atau Hari Pembersihan Dunia yang diperingati pada tanggal 18 September nanti akan dimanfaatkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) provinsi Kalimantan Selatan untuk melaksanakan Kick Off (langkah awal) program Martapura Bungas.

“Kita sudah melibatkan TNI melalui Danrem, kita juga sudah bertemu langsung dengan beberapa jajaran seperti Dandim dan Danramil,” ujar Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana kepada Abdi Persada FM belum lama tadi.

Kegiatan peringatan WCD sekaligus Kick Off ini nantinya akan berpusat di Lok Baintan dan 10 desa yang dipilih di seputar bantaran Sungai Martapura.

“Kita akan meminta bantuan juga kepada SKPD lain dan akan kami bagi, karena sepanjang Sungai Martapura jumlah desanya ada 77,” ungkap Dia

Untuk ‘mulai bekerja’ dalam percepatan konsep Martapura Bungas ini dilanjutkan Hanifah, tidak hanya sekedar bersih bersih sungai saja tetapi harus pula melakukan sosialisasi konsep kepada seluruh masyarakat dari hulu ke hilir.

“Dunia usaha juga sudah kita libatkan untuk sosialisasi, sehingga diharapkan semua pihak terlibat untuk keberhasilan program,” lanjut Hanifah.

Keterlibatan komunitas sungai dari Banjarmasin dan Martapura yang berhubungan langsung dengan Sungai Martapura juga akan dilibatkan dalam program ini agar dapat berjalan lebih maksimal.

“Kita tidak akan bisa bergerak sendiri kalau tidak dibantu oleh kesadaran masyarakat,” imbuhnya.

Hanifah menekankan fokus penanganan di tahun 2021 saat ini ada dua hal. Yakni, pembersihan sungai dari limbah sampah dan jamban apung.

“Karena kan program ini baru di launching 5 Juni kemarin, jadi tidak siap dari segi anggaran. Tetapi ketidaksiapan anggaran bukan berarti kita tidak siap untuk bergerak kan,” pungkasnya. (TR21-01/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.