30 November 2023

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tingkatkan Target Nilai IKLH 2021, Kadis LH : Kita Coba Beranikan Diri!

1 min read

Kadis LH Prov Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana

BANJARBARU – Meningkatkan nilai Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) di tahun ini, pemerintah provinsi melalui Dinas Lingkungan Hidup memberanikan diri menargetkan nilai IKLH provinsi Kalimantan Selatan dapat melibihi angka 70 poin.

Dapat diketahui, indeks kualitas lingkungan hidup di Kalimantan Selatan tahun 2020 mencapai angka 68,43 poin dengan perbandingan nilai indeks di tahun 2019 yang hanya berkisar 61.94 poin. Hasil tersebut tentunya merupakan pencapaian yang sangat signifikan untuk suatu wilayah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana, membeberkan pencapaian nilai IKLH ditahun 2020 lalu bahkan melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2020 sebesar 63,5.

“Pencapaian ini sudah sangat luar biasa, karena biasanya angka indeks di target RPJN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) kita bergesernya hanya nol koma sekian,” beber Hanifah.

Tidak puas dengan pencapaian tersebut, Hanifah mengaku pihaknya akan mengkoreksi target nilai yang tercantum dalam dokumen RPJMD tahun 2021 di angka 64 poin.

“Kita coba memberanikan diri, dengan meningkatkan target IKLH ditahun ini agar dapat melebihi angka 70,26 poin,” jelasnya.

Hanifah memaparkan, untuk mencapai target tersebut tentunya bukanlah hal yang mudah karena banyak indeks yang harus dijaga, seperti indeks kualitas air, indeks kualitas udara, indeks kualitas tutupan lahan, serta indeks kualitas air laut.

Hingga sejauh ini sudah banyak langkah yang diambil oleh pemerintah untuk memaksimalkan poin indeks kualitas hidup di Kalimantan Selatan, diantaranya dengan memberikan pembinaan serta pengelolaan sampah dan limbah di kabupaten-kota maupun perusahaan. (TR21-01/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.