14 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DPRD Banjarmasin : Warga Harus Berpartisipasi Dalam Mengawasi Pencemaran Lingkungan

1 min read

Sekretaris Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Aliansyah saat memberikan komentarnya

BANJARMASIN – Kalangan legislatif meminta, seluruh lapisan masyarakat hendaklah ikut berpartisipasi, dalam memberi pengawasan pencemaran lingkungan.

Menurut Sekretaris Komisi III DPRD Kota Banjarmasin Aliansyah, kepada wartawan, Selasa (7/9), dengan berperan aktif di lapangan, dalam mengawasi pencemaran lingkungan sekitar, tentunya membantu pemerintah untuk mewujudkan kota bersih, sehat dan indah. Bentuk pencemaran itu bisa dari limbah perkantoran, maupun tempat usaha perorangan.

“Kita ingin warga memiliki rasa kepedulian yang tinggi dalam berpartisipasi mengawasi pencemaran lingkungan, baik di perusahaan, rumah sakit, hotel, maupun tempat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),” ucapnya.

Politisi PKS DPRD Kota Banjarmasin ini meminta, bagi warga yang menemukan indikasi pencemaran lingkungan, maka segera disampaikan ke pihak dinas terkait, agar dilakukan penanganan, supaya tidak semakin besar kondisi lingkungan sekitar, yang tercemari akibat limbah tersebut.

“Kami ingin Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, akan cepat tanggap dalam menerima setiap keluhan warga, apalagi berkaitan pencemaran,” pintanya.

Lebih lanjut Aliansyah mengimbau, para petugas trantib di masing-masing lima kecamatan, juga turut memberikan pengawasan dilapangan, melibatkan pihak kelurahan dan ketua RT setempat. Mengingat sebelumnya dalam Peraturan Daerah Perda Nomor : 7 tahun 2010, tentang Izin Pembuangan dan Pengelolaan Limbah Cair, sudah jelas isinya bahwa setiap orang atau badan hukum yang melaksanakan kegiatan dan atau usaha yang melakukan pembuangan limbah cair wajib memiliki izin dari Pemko Banjarmasin.

“ini artinya kalau menemukan indikasi pencemaran lingkungan, maka hendaklah ditindak secara komprehensif,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.