29 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Webinar Literasi Digital Kota Banjarbaru; Dunia Digital Adalah Realitas Bagi Manusia Modern

2 min read

BANJARBARU – Era digital terus berkembang pesat dalam banyak sisi kehidupan manusia modern. Etika, adalah salah satu hal yang perlu dimiliki dalam oleh setiap individu.

Perkembangan era digital telah mendorong perkembangan yang terjadi pada masyarakat di kehidupan baru (new planet) dengan adanya jaringan internet, perangkat digital, aplikasi atau platform digital, media sosial, sehingga memudahkan berbagai aktivitas dan pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) bersama Siberkreasi kembali menggelar Webinar Literasi Digital Nasional wilayah Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, dengan Topik – topik asik dan narasumber yang seru, Jumat (3/9) Pukul 09.00 WITA secara Virtual melalui Zoom Meeting.

Webinar kali ini dipandu moderator Ovi Darlin yang menghadirkan narasumber Dr. Iswiyati Rahayu, M.Si. Pendiri SMK Penerbangan Banjarbaru.

Iswiyati memberikan tema presentasi, Budaya Digital, dalam pemaparannya ia menjelaskan kondisi masyarakat kini yang seolah-olah tidak dapat dipisahkan dengan sistem digital.

“Dari akan tidur hingga bangun tidur yang diingat hanya HP, sehingga hidup manusia menjadi saudara kembar identik dengan digital, apapun medianya yang penting digital,” jelas Iswi yang juga dosen dan pengusaha ini.

Kata digital sendiri, berasal dari bahasa Yunani, ‘digitus’ atau jari jemari yang filosofinya ada 10 angka, dari 1 dan 0 (on-off)

“Dari perspektif tentang budaya digital tersendiri ada cyberculture blogs, bulletin board systems, chat, e-commerce, games, internet memes, peer-to-peer file sharing, social networks, usenet, virtual worlds, tik-tok” pungkasnya.

Pembicara selanjutnya adalah Paidilah, M.A Kepala Sekolah SMK Penerbangan Banjarbaru yang berbicara mengenai kecakapan digital.

Ia menyampaikan bahwa, separuh penduduk bumi, sekarang menggunakan media sosial, lalu 4,66 miliar orang di seluruh dunia sekarang menggunakan internet, dari pengguna tersebut 316 juta pengguna baru telah online dalam 12 bulan terakhir, dan 5,22 millar digunakan melalui selular. Hal ini berdasarkan, laporan Ikhtisar Global Dafareportal yang diterbitkan pada 27 Januari 2021 lalu.

Terlebih kini medsos telah mengubah cara berkomunikasi :

1. Situs jejaring sosial menyediakan berbagai alat untuk memfasilitasi komunikasi termasuk ruang obrolan, blog, pesan pribadi, komentar publik, cara nengunggah konten diluar situs dan berbagi photo dan vidio.

2. Media sosial secara drastis mengubah cara orang berkomunikasi dan membentuk hubungan.

Adapun digital natives dan milenial yaitu istilah pengguna media social :

1. Digital natives kelompok orang yang lahir atau tumbuh di era digital dan akrab dengan berbagai tekhnologi dan sistem.

2. Generasi melenial mereka yang menjadi dewasa pada pergantian abad ke21.

3. Pengguna ini memanfaatkan media sosial untuk apa saja mulai dari pemasaran, akuisisi berita, pengajaran, perawatan kesehatan, keterlibatan sipil, dan politik hingga keterlibatan sosial. (RILIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.