25 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Webinar Literasi Digital Tanah Bumbu; Keterampilan yang Wajib Kamu Ketahui di Era Digital

2 min read

TANAH BUMBU – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar bertema “Keterampilan yang Wajib Kamu Ketahui di Era Digital” di Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (2/9) pukul 10.00 WITA. Acara dibuka Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerapan dan Bupati Tanah Bumbu M. Zairullah Azhar, ini menampilkan sejumlah pembicara kompeten.

Dipandu oleh moderator Ronald Andretti yang menghadirkan narasumber pertama Piyu Padi.

“Digital skill adalah kemampuan di bidang digital dengan memanfaatkan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi serta produktivitas dalam suatu pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi dan bisnis,” tutur Piyu.

Piyu menyebutkan, jenis-jenis digital skill, yaitu coding, web development, UI dan UX design, Project management, app development, SEO, Excel and word knowledge, copywriting, dan social media marketing.

Adapun 5 skill yang banyak dibutuhkan di era digital;

1. Design grafis;

2. Social media specialist;

3. Copywriting;

4. Fotography dan videography;

5. Programming.

Narasumber kedua Abigail Shannon mengatakan anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.

Abigail memberikan beberapa tips umum yang dapat orang tua lakukan dalam memberikan ajaran keamanan internet untuk anak yaitu:

1. Ajarkan anak-anak anda untuk menjaga informasi yang bersifat pribadi;

2. Untuk melindungi komputer anda, anda dapat menginstal perangkat lunak antivirus;

3. Gunakan mesin pencari ramah anak;

4. Gunakan kontrol orang tua, yang memungkinkan anda untuk menambahkan kontrol orang tua untuk akun pengguna. Ini termasuk latar waktu pembatasan situs dan pengendalian aplikasi yang dapat dibuka.

Narasumber ketiga I Gusti Ngurah Lanang Wiraatmaja menjelaskan keterampilan literasi digital yang mencakup pengetahuan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dipakai dalam semua mata pelajaran lain antaranya:

1. Aplikasi pengolah kata untuk menulis laporan, membuat poster menulis surat, atau tugas-tugas lain;

2. Aplikasi presentasi untuk menyiapkan presentasi yang bermakna dan menarik;

3. Aplikasi spreadsheet untuk mengolah data hasil observasi atau eksperimen.

Gusti mengatakan pembelajaran blended learning tidak hanya sekedar mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran di kelas, namun dalam pembelajaran blended learning keberadaan teknologi lebih difokuskan untuk memfasilitasi peserta didik dalam mengeksplorasi materi bahan ajar dan mendapatkan pengalaman belajar secara mandiri.

Terakhir, narasumber Dyan Fitri Nugraha menyebutkan ada tiga elemen pendidikan apa yang harus dinilai dari individu yaitu:

1. Sikap. Sikap kenegaraan, keagamaan, toleransi, disiplin, kerja sama, dan seterusnya;

2. Pengetahuan. mengukur tingkat pengetahuan keilmuan;

3. Keterampilan. aplikasi keilmuan dalam suatu proyek atau sintesis.

Adapun penetrasi budaya dalam digital yang lebih mudah diakses, yaitu kebudayaan, modernisasi, eksklusif daerah, dan transaksi digital. (RILIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.