14 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dispar Kalsel Terus Beri Pembinaan Bagi Pokdarwis

1 min read

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin

BANJARMASIN – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, terus memberikan pembinaan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) selama pandemi COVID-19.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan selatan Muhammad Syarifuddin, kepada wartawan baru baru tadi, pihaknya memberikan pembinaan bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan pelatihan pengembangan geopark, yang dinilai memiliki geosite.

“Kita akui, saat pandemi COVID-19, banyak destinasi wisata yang tutup, sehingga sumber penghasilan tidak ada, dengan demikian langkah yang dilakukan yaitu memberi pembinaan dan pelatihan dalam pengembangan geopark,” katanya.

Syarifuddin menjelaskan, ada enam tempat yang diberikan pembinaan dan pelatihan pengembangan geopark, yaitu di Bukit Matan Kaladan dan Tahura di Kabupaten Banjar, wisata Pumpung Kota Banjarbaru, Tanjung Dewa Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Batu Besar di Kabupaten Tanah Bumbu, dan Semisir Kabupaten Kotabaru.

“Geopark itu merupakan produk baru pariwisata yang memiliki nilai yang jual tinggi,” jelasnya.

Lebih lanjut Syarifuddin menambahkan, dari hasil pembinaan dan pelatihan geopark, pihaknya juga terus menerus memberikan  pengembangan destinasi wisata, salah satunya Semisir Kotabaru, karena selama ini banyak masyarakat kurang mengenalnya. Padahal memiliki pantai dan bebatuan yang indah, serta memiliki lokasi yang strategis,  karena berdekatan dengan Teluk Tamiyang dan Tanjung Kunyit.

“Pembinaan di Semisir ini, para Pokdarwis bisa berbenah, dengan cara menjadikan satu paket wisata untuk dikunjungi wisatawan, agar roda perekonomian masyarakat sekitar, seperti jasa kapal penyeberangan dari Pagatan Tanah Bumbu, akan hidup kembali,  yaitu dalam kunjungan perjalanan, hanya satu jam, otomatis menghemat waktu,” tutupnya panjang lebar. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.