24 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Direktorat Metrologi Kemendag RI Melalui BSML Regional III Gelar Webinar BDKT Untuk UMKM Seluruh Kalimantan

2 min read

Pelaksanaan Webinar BDKT se Kalimantan di hadiri tiga narasumber berkompeten dibidangnya.

BANJARBARU – Kementerian Perdagangan RI melalui Balai Standardisasi Metrologi Legal (BSML) Regional III menggelar kegiatan sosialisasi Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT) secara daring yang diikuti ratusan lebih peserta dari pelaku UMKM di 56 kabupaten/kota di Kalimantan.

Direktur Metrologi Kemendag RI, Rusmin Amin (berkacamata) saat menjadi keynote speakers dalam kegiatan Webinar BDKT se Kalimantan.

Bahkan, penyelenggaraan tersebut ternyata juga didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ini diselenggarakan di ruang Kepala BSML Regional III, Rabu (25/8) siang.

Suasana saat pemberian materi Webinar Sosialisasi Barang Dalam Keadaaan Terbungkus (BDKT).

Kepala Balai Standardisasi Metrologi Legal Regional III, Keristo Panus Ginting mengatakan pelaksanaan edukasi berbasis online ini diinisiasinya sebagai bentuk atau upaya serta langkah tepat dalam membantu memperbaiki sistem perekonomian bagi pelaku UMKM yang diakui terpuruk akibat COVID-19 di Kalimantan.

“Mereka itu harus dilindungi. Caranya apa ya dengan pengawasan yang baik, seperti pengemasan standar pengemasan hingga label kemasan tentu ini menjadi perhatian bagi usaha tersebut,” katanya.

Terlebih, ia mengharapkan para pelaku UMKM selaku produsen mampu menjaga dengan baik lagi kualitas produknya untuk dipasarkan kepada konsumen.

“Tentu ini juga berpengaruh besar terhadap bisnis penjualan skala nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini, dia menekankan selain pentingnya kualitas dan label produk. Berat isi di dalam kemasan juga harus diperhatikan.

“Disini letak kejujurannya. Kalau berat 10 gram ya berat harus seperti itu juga, jangan sampai bungkus kemasannya yang malah tidak seimbang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BSML Regional III, Imam Rahmanto memaparkan program yang dilaksanakan ini diakuinya merupakan langkah besar terhadap dorongan penting terhadap pelayanan dan memaksimalkan elektabilitas pekerjaan yang diterapkan pihaknya selama pandemi COVID-19 masih berlangsung.

“Adanya kegiatan, kami terbantu memberikan edukasi kepada pelaku UMKM yang tidak bisa ketemu akibat wabah ini. Disamping itu, ini merupakan langkah kami dalam memaksimalkan kinerja di BSML Regional,” paparnya.

Selain itu, pihaknya juga berkomitmen dengan adanya kegiatan seminar secara daring tersebut. Selain bermanfaat bagi pelaku UMKM, langkah kreatif ini akan terus dikembangkan hingga terciptanya inovasi baru dalam mendukung penerapan zona integritas secara nasional.

“Kondisi sekarang kita harus memanfaatkan dengan sebaik-baiknya teknologi sekarang bahkan dengan ini tentu sudah dipermudah. Kedepan program sosialisasi lainnya pun bisa dilaksanakan meski dalam suasana pandemi COVID-19 sekalipun,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.