22 Februari 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Mapala Piranha Kalsel Raih Juara III Lomba Wana Lestari 2021 Tingkat Nasional

2 min read

BANJARBARU – Masih dalam suasana HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 76, mewakili seluruh kelompok Pecinta alam di Kalimantan Selatan (Kalsel), Organisasi Pecinta Alam (Mapala) Piranha Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPK) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil membawa pulang Tropi Juara terbaik III Lomba dan Apresiasi Wana Lestari 2021 tingkat Nasional kategori Kelompok Pecinta Alam Se Indonesia. Dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut.

Ketua Mapala Piranha, Abdul Tiar (baju adat Banjar)

Penyerahan plakat sebagai simbol penghargaan kepada para pemenang dan apresiasi diberikan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, secara virtual yang disiarkan langsung di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat melalui youtube Kementerian LHK, Kamis (19/8).

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para teladan dan para penerima penghargaan atas upaya yang tiada henti untuk membina masyarakat. Baginya langkah-langkah tersebut sangatlah penting dalam Grass Roots Management untuk LHK.

“Kementerian LHK dan Pemerintah atas inisiatif, prestasi dan kinerja serta dharma bakti kepada para teladan dalam mendungkung suksesnya program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di lapangan di daerah masing-masing,” tutur Menteri LHK.

Ia mengaku, pemberian penghargaan kerap di gelar di hadapan sidang bersama MPR, DPR dan DPD RI di setiap 16 Agustus dalam rangka hut Kemerdekaan RI. Namun, karena kondisi tanah air masih diselimuti oleh Pandemi COVID-19 terpaksa penghargaan diselenggarakan secara virtual.

“Tapi saya kira situasi dan kondisi saat ini rasanya tidak mengurangi makna dari penghargaan kepada para teladan dan penerima penghargaan,” ujarnya.

Atas dasar apresiasi dan penghargaan tersebut, Kementerian LHK katanya, memberikan ruang kepada masyarakat untuk berartisipasi dan terlibat langsung sebagai kader konservasi alam, kelompok pecinta alam dan masyarakat peduli api.

Sehingga keberadaan hutan dan fungsinya mampu menjadi penyangga bagi kehidupan disamping menyediakan hutan untuk kehidupan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat.

“Keberadaan kelompok pecinta alam telah menunjukan keberhasilan dan dampak yang membanggakan dalam mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan serta pemberdayaan masyarakat di dalam dan disekitar hutan,” terang Menteri Siti.

Sementara itu Ketua Mapala Piranha, Abdul Tiar mengatakan, sangat bersyukur dan bangga atas capaian prestasi yang kembali ditoreh Mapala Piranha meskipun dalam kondisi ibu pertiwi yang tengah dilanda pandemi COVID-19.

Atas prestasi itu, Tiar (panggilan akrab <-red) mengucapkan, rasa terimakasih kepada seluruh anggota, senior dan anggota kehormatan Mapala Piranha, kampus FPK, ULM, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) serta stakeholder lainnya yang tiada henti memberikan dukungan terhadap seluruh kegiatan aksi sosial Mapala Piranha dalam mendukung program-program pemerintah daerah, provinsi hingga pemerintah pusat terutama.

“Alhamdulillah, prestasi kesekian kali yang kita peroleh ini tentu saja tidak lepas dari dukungan dan bimbingan abang-abang kami, orang tua kami yakni pihak kampus serta pemerintah daerah dan provinsi,” ucap Tiar.

“Terima kasih semuanya, semoga berkat apresiasi dan penghargaan yang kami peroleh ini dapat menjadi suntikan imun serta semangat kepada kami, agar kami bisa terus berkarya dan berkreativitas demi kelestarian hutan dan alam,” tandasnya kepada.

Sekedar informasi, Lomba Wana Lestari adalah salah satu metode penyuluhan yang dilaksanakan untuk menetapkan perorangan, kelompok atau aparatur pemerintah yang berprestasi dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat dalam pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan melalui mekanisme penilaian tertentu. (RILIS-RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.