19 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Wawali Banjarbaru : Warga Isoman Harus Disiplin Prokes

2 min read

BANJARBARU – Melihat kasus COViD-19 yang kian hari kian bertambah, Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono meminta kepadawarga yang menjalani isolasi mandiri  (isoman), karena dinyatakan positif terinfeksi COVID-19, harus tetap berada di rumah untuk mencegah penyebaran virus berbahaya itu lebih luas lagi.

“Kami benar-benar menghimbau, minta tolong, minta bantu, memohon kepada masyarakat yang menjalani isolasi di rumah tetap berada di dalam rumahnya dan tidak beraktivitas keluar rumah agar tidak terjadi penyebaran COVID-19,” ujarnya di Banjarbaru, Kamis sore (12/8)

Permintaan  itu disampaikan Wartono karena banyak ditemukan warga yang tengah menjalani isoman tetapi tetap beraktivitas di luar rumah karena merasa dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG).

Ditekankannya, meski pun hanya sebagai OTG, tetapi mereka sangat berpotensi menularkan virus kepada orang lain khususnya yang lemah pertahanan tubuhnya sehingga virus bisa semakin menyebar ke lingkungan lainnya.

“Mereka yang isoman mungkin OTG dan merasa biasa saja karena imun tubuhnya kuat. Tetapi bagi orang lain yang imunnya lemah, justru berpotensi tertular sehingga virusnya semakin menyebar,” ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada setiap warga yang isoman agar disiplin protokol kesehatan dan tetap berdiam diri di dalam rumah selama masa isolasi sehingga tidak menjadi sumber bagi penularan COVID-19.

Dikatakan, Pemko Banjarbaru juga tidak berdiam diri untuk membantu warga isoman agar mendapat kebutuhan pokok sehari-hari terutama makanan siap saji yang diantarkan langsung ke rumah-rumah.

“Pemko sudah menjalankan Gerakan Peduli Isolasi Mandiri (Garda Lima) yakni gerakan membantu warga isoman dengan menyalurkan bantuan terutama makanan siap saji. Tujuannya agar mereka tetap di rumah,” kata wawali.

Ditambahkan, penyebaran COVID-19 di Kota Banjarbaru cukup tinggi sehingga menyebabkan banyak kematian dan salah satunya akibat warga yang tidak disiplin menjalankan aturan protokol kesehatan yang ditetapkan.

“Sekali lagi kami imbau, setiap warga disiplin menjalani prokes sehingga menekan penularan COVID-19 dan khusus bagi warga isoman agar sabar dan tidak keluar rumah selama menjalani masa isolasi,” pesannya mengakhiri perbincangan dengan abdi Persada FM. (RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.