24 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

PMI BANJARMASIN : GOLONGAN DARAH O PALING BANYAK DICARI PASIEN COVID-19

1 min read

Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin, Aulia Ramadhan Supit

BANJARMASIN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, menyampaikan golongan darah O paling banyak dicari pasein COVID-19 sebagai terapi kesembuhan.

Menurut Kepala Unit Donor Darah
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, Aulia Ramadhan Supit, kepada Abdi Persada FM pada Kamis (12/8), saat ini antrian permintaan darah plasma konvalesen sangat banyak, untuk golongan darah A sebanyak 40 kantong, golongan darah B sebanyak 64 kantong dan golongan darah AB sebanyak 15 kantong dan golongan darah O sebanyak 119 kantong.

“Kami akui, untuk hari ini tembus rekor permintaan 238 kantong, setelah sebelumnya pada Sabtu (7/8) 237 kantong, dan pihaknya berupaya memenuhi permintaan, semoga dilancarkan,” ucapnya.

Aulia menjelaskan, untuk mendapatkan pendonor darah plasma, dilakukan pihak PMI Kota Banjarmasin, dengan cara menghubungi orang-orang yang sudah sembuh dari COVID-19, selain itu menyebarkan pemberitahuan melalui media sosial yaitu membuat pesan berantai.

“Bagi orang yang pernah kena COVID-19, kemudian sembuh dan vaksinasi, menurut WHO, boleh mendonor plasma,” katanya.

Lebih lanjut dokter Rama (sapaan akrabnya),
ketentuan orang yang bisa mendonorkan darah plasma, pertama, usia di atas 18 tahun hingga 60 tahu, berat badan minimal 55 Kg, diutamakan laki-laki, kalau perempuan yang tidak pernah hamil. Selanjutnya, pernah terkonfirmasi positif COVID-19 dengan bukti hasil laboratorium, tidak memiliki gejala minimal 14 hari sebelum donor, dan tidak menerima transfusi darah selama 3 bulan terakhir.

“Saat ini kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin terus bertambah, dengan adanya pendonor darah plasma konvalesen, diharapkan akan membantu para pasien,” tutupnya. (NHF/RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.