19 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Ketersediaan Oksigen Menjadi Salah Satu Kendala Rumah Sakit di Banjarbaru

2 min read

BANJARBARU – Meningkatnya kasus COVID-19 di kota Banjarbaru, berbanding terbalik dengan ketersediaan pasokan oksigen di kota ini. Hal ini dikarenakan pasokan oksigen yang didapatkan, masih mengambil dari luar daerah seperti pulau Jawa dan Kalimantan Timur.

Seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru Rizana Mirza, kepada sejumlah wartawan usai memimpin rapat koordinasi bersama 9 perwakilan rumah sakit di kota Banjarbaru, Selasa (3/8)

“Saat ini pasokan oksigen yang kita dapatkan dari luar pulau, seperti pulau Jawa dan Kalimantan Timur,” paparnya.

Sementara itu dikatakan Mirza, Kalimantan Timur saat ini memerlukan pasokan oksigen yang cukup banyak. Mengingat saat ini Kalimantan Timur berada di 5 teratas kasus lonjakan COVID-19 di Indonesia

“Mereka (Kalimantan Timur) saat ini berada di 5 teratas kasus lonjakan COVID-19, oleh karena itu mereka juga membutuhkan pasokan oksigen sehingga menutup pengiriman keluar daerah termasuk Banjarbaru,” paparnya lagi.

Melihat hal tersebut, Pemerintah kota Banjarbaru melalui Dinas Kesehatan mendorong rumah sakit agar menyiapkan generator untuk membuat pasokan oksigen sendiri agar tidak terikat dengan pengiriman dari luar pulau

“Permasalahan ketersediaan okesigen memang masalah Nasional, oleh karena itu kita mendorong pihak rumah sakit agar menyiapkan generator agar bisa membuat oksigen sendiri dan berkaca dari pengalaman yang sudah ada,” ujar Mirza menambahkan.

Meski begitu ungkap Rizana Mirza, selain ketersedian oksigen, ada permasalahan lain yang saat ini dihadapi oleh rumah sakit seperti  kurangnya ruang perawatan pasien COVID-19 dan keterbatasan tenaga kesehatan

“Di bulan Agustus ini beberapa rumah sakit akan menambahkan ruangan lagi.  Dan untuk mengantisipasi kurangnya tenaga kesehatan, kami menyarankan agar rumah sakit melakukan perekrutan relawan tenaga kesehatan, kalau perlu lakukan perekrutan setiap bulan,” tutupnya. (TR21-01/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.