19 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pengelolaan Retribusi dan Kuliner di Kebun Raya Banua Bakal Dikelola Pihak Ketiga

1 min read

Pintu utara munuju labirin Kebun Raya Banua

BANJARBARU – Penerimaan retribusi untuk masuk ke lokasi wisata Kebun Raya Banua kedepan akan sepenuhnya dikelola oleh pihak koperasi. Bahkan, sektor kuliner juga bakal diisi dari kalangan pengusaha UMKM.

Kepala UPTD Kebun Raya Banua Agung Sriyono mengungkapkan secara potensi, Kebun Raya Banua (KRB) diakui memiliki daya tarik yang cukup besar, baik secara dukungan fasilitas maupun finansial rencana pendapatannya.

Gerbang Utama menuju Kebun Raya Banua

“Kalau keinginan kami alangkah baiknya dikelola oleh pihak ketiga atau koperasi,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, baru-baru tadi.

Ditegaskan Agung, apabila dikelola secara maksimal oleh koperasi, setidaknya pihak Kebun Raya Banua dapat lebih fokus ke dalam kegiatan konservasi.

“Selain itu, kami juga bisa melakukan kegiatan edukasi lingkungan secara maksimal,” ungkapnya.

Terkait fasilitas penunjang untuk restoran dan kafe, Agung menyebutkan lebih melimpahkan hal ini sepenuhnya kepada pihak ketiga, yakni koperasi dan pengusaha UMKM.

“Kalau kuliner dan sebagainya, kami lebih menyerahkan perannya ke pihak ketiga, artinya memberikan kesempatan untuk mengelola,” paparnya.

Selain pengelolaan kuliner, dia menjelaskan rencananya juga akan dipegang oleh koperasi. Mengingat, pengelolaan dari mereka diyakini terstruktur baik.

“Dari administrasi ataupun pengelolaan keuangannya secara pendapatan. Ini juga mampu sebagai penunjang PAD kita di provinsi Kalsel,” tuturnya.

Kendati demikian, realisasi ini mampu dibuktikan apabila wisata berbasis edukasi dan konservasi yang berlokasi di dalam kompleks perkantoran Pemprov Kalsel dipastikan telah berubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Semoga, program ini dapat terealisasi. Kami melihat potensi di Kebun Raya Banua juga sangat besar untuk terus digali, baik melalui sektor bisnis maupun wisatanya,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.