22 Februari 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Komisi I DPRD Kalsel Harapkan Lulusan PGMI Masuk Formasi Guru Agama Islam

2 min read

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas

BANJARMASIN – Tidak masuknya lulusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dalam kriteria seleksi CPNS untuk formasi guru agama Islam SD, mendapat perhatian dari pihak legislatif.

Hal tersebut akhirnya dibahas dalam rapat Komisi I DPRD Kalimantan Selatan bersama Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi, beberapa waktu lalu.

Sekretaris Komisi I DPRD Kalimantan Selatan, Suripno Sumas mengungkapkan bahwa seharusnya lulusan PGMI mendapatkan kesempatan yang sama dengan lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) untuk mengikuti seleksi CPNS. Namun akibat tidak dimasukkan dalam kriteria seleksi, calon guru yang merupakan lulusan PGMI seolah kehilangan kesempatan.

“Formatur CPNS kita tidak pernah memasukkan guru SD itu PGMI, pasti dari PGSD. Padahal mereka itu bisa menjadi guru agama Islam SD,” katanya.

Untuk itu, pihaknya meminta Biro Organisasi di tingkat provinsi segera menindaklanjuti masalah tersebut agar kesempatan yang sama juga diberikan kepada lulusan PGMI dalam seleksi CPNS.

Salah satunya dengan mengarahkan Biro Organisasi di tingkat kabupaten/kota untuk membuka peluang dengan menambahkan kriteria dalam formasi guru SD.

Masalah ini diharapkannya juga selesai paling lambat tahun ini, sehingga pada seleksi CPNS tahun depan, kesempatan itu dapat dimiliki oleh lulusan PGMI.

Sementara, Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Selatan, Fahrani menambahkan jurusan PGMI di Kalsel ada di enam kampus tersebar di kabupaten kota di Kalsel, mulai dari UIN Antasari, Uniska hingga STAI. Setiap tahun, lanjutnya, pada UIN dan Uniska saja lulusannya sekitar 200 orang per tahun. Apalagi jurusan PGMI sudah ada sejak 2008 lalu, jadi total alumninya sekitar 5000 orang.

“Meski begitu, hanya lima persen yang tertampung menjadi guru MI. Kalaupun mereka bekerja lebih banyak memakai jalur umum, sedangkan jalur PNS dan belum ada,” pungkasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.