19 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DPRD Kota Banjarmasin : PDAM Bandarmasih Segera Bersihkan Limbah Lumpur

2 min read

Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Muhammad Isnaini

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin meminta, PDAM Bandarmasih segera membersihkan anak sungai di Jalan Kuripan gang 1 Kecamatan Banjarmasin Timur, akibat limbah lumpur.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Muhammad Isnaini kepada wartawan pada Rabu sore (28/7), pihaknya menerima surat masuk dari warga sekitar, sebagian anak sungai Jalan Kuripan gang 1 telah ditemukan limbah lumpur berwarna coklat, hasil kunjungan ke lapangan telah ditemukan endapan lumpur yang masuk ke anak sungai, dengan demikian meminta segera PDAM Bandarmasih melakukan pembersihan anak sungai tersebut.

Salah satu limbah lumpur

“Kami memantau langsung ke lapangan dan terlihat anak sungai dangkal karena limbah lumpur bekas pengolahan air PDAM,” ucapnya.

Isnaini menjelaskan, kondisi limbah memang tidak termasuk kategori beracun, namun tidak bisa dibiarkan lama, karena kota Banjarmasin dikenal sebagai kota seribu sungai, sehingga anak sungai haruslah terlihat bersih.

“Kita tidak ingin anak sungai tercemar karena dampaknya dirasakan oleh masyarakat, untuk jangka pendek segera bersihkan sungai, dan jangka panjang nanti perlu alat, agar limbah lumpur tidak merembes lagi ke sungai,” katanya.

Sementara itu, Direktur Operasional PDAM Bandarmasih Supian mengatakan, kondisi endapan lumpur dianak sungai, karena adanya kebocoran di Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik PDAM di dekat sungai itu. Selain itu juga terjadi akibat air hujan yang merembes ke anak sungai.

Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, Supian

“Kita akan segera melakukan pembersihan, dalam waktu dekat ini, kemudian akan mengupayakan penyediaan alat The Counter, sehingga limbah lumpur tidak lagi masuk ke sungai,” tutupnya.

Untuk diketahui, Komisi III DPRD Kota Banjarmasin pada Rabu siang (28/7) telah meninjau ke lapangan bersama Direktur Operasional PDAM Bandarmasih didampingi Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Wahyu Hardi Cahyono. Dalam kunlap dipimpin Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin Muhammad Isnaini bersama Wakilnya Afrizaldi dan Sekretaris Aliansyah serta Anggotanya Rinda Herliani, Hilyah Aulia, Eddi Junaidi, Arupah Arif, Wakhid Husaiani, Sukrowardhi dan Saut Nathan Samosir. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.