19 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pansus Raperda Dana Cadangan Pilkada Kalsel 2024 Telah Terbentuk

1 min read

Wakil Ketua Pansus Raperda Dana Cadangan Pilkada 2024, Imam Suprastowo

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan membentuk Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Dana Cadangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Terpilih sebagai Ketua Pansus tersebut, Burhanuddin dari Fraksi Golkar dan Wakil Ketua Pansus dari Fraksi PDIP, Imam Suprastowo melalui rapat Komisi II DPRD Kalimantan Selatan pada Senin, (26/7).

Ditemui wartawan, Wakil Ketua Pansus Raperda Dana Cadangan Pilkada 2024, Imam Suprastowo mengatakan dalam rapat bersama pihak eksekutif disepakati bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan akan menganggarkan dana cadangan pilkada 2024 pertahunnya sebesar Rp100 miliar.

“Mulai 2022 nanti dan tahun berikutnya akan dianggarkan Rp100 miliar,” katanya.

Jika ditotal hingga tahun 2023 akan didapat sebesar Rp200 miliar untuk dana cadangan Pilkada di tahun 2024. Angka tersebut menurut Imam, berkaca pada Pilkada tahun 2016 lalu yang memakan anggaran sekitar Rp200 miliar.

Pada Pilkada lalu juga dilaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) sebesar Rp5,4 miliar. Sementara untuk pengamanannya memerlukan dana Rp16 miliar yang diperuntukkan bagi Polda dan Korem.

“Untuk dana cadangan Pilkada 2024 berapa kekurangannya akan dikoordinasikan lebih lanjut,” tambahnya.

Imam mengatakan hal ini telah disepakati bersama dan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalimantan Selatan yang telah menyampaikan kesiapan penganggaran dana itu sendiri.

Selanjutnya, Pansus akan melaksanakan studi komparasi dalam waktu dekat ini ke Tanah Bumbu (Bumbu) guna memperdalam substansi dalam raperda dimaksud. 

“Kita akan komparasi pertama ke Tanbu akhir bulan tanggal 29-31 Juli 2021,” katanya.

Mengingat, kata Imam, Pilkada tidak hanya untuk pemilihan gubernur/wakil gubernur namun juga dilakukan di tingkat kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.