27 September 2021

DPRD Banjarmasin Gelar RDP dengan 4 SKPD

2 min read

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Noor Latifah, saat memberikan komentarnya

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan empat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kota Banjarmasin.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Noor Latifah kepada wartawan pada Senin sore (26/7) mengatakan, dari hasil rapat dengar pendapat (RDP),  terkait persiapan pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 yang dimulai hari Senin 26 Juli hingga Minggu 8 Agustus 2021 mendatang, ternyata masih belum sepenuhnya siap, terutama dari kalangan tenaga kesehatan, sehingga masih ada waktu untuk mempersiapkannya.

“Dari hasil RDP, keterangan Dinkes dan pihak RS Sultan Suriansyah, jumlah tenaga kesehatan sangat minim, apalagi pasein COVID-19 terus mengalami kenaikan yang harus dirawat di rumah sakit,” ucapnya.

Noor Latifah menyampaikan, pihak Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin mengalami kesulitan untuk mencari relawan tambahan khususnya tenaga kesehatan yaitu profesi dokter dan perawat. Padahal Rumah Sakit Sultan Suriansyah, berencana menambah 75 tempat tidur bagi pasein khusus COVID-19, dari sebelumnya sudah disiapkan 50 tempat tidur, dan sudah penuh, bahkan ada yang  dirawat di IGD, sehingga totalnya nanti ada sebanyak 125 tempat tidur bagi pasein COVID-19 tersebut.

“Kami sangat prihatin, karena dari tenaga kesehatan seperti dokter dicari sepuluh orang, yang mendaftar cuma satu orang, mengingat sangat besar dan berat dalam melakukan perjuangan melawan COVID-19,” katanya

Lebih lanjut Lala (sapaan akrabnya) ini menambahkan, selain kesiapan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Sultan Suriansyah, pihaknya juga ingin mengetahui bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak berat pelaksanaan PPKM level 4. Saat ini, Dinas Sosial Kota Banjarmasin telah menyampaikan bantuan pusat akan turun, namun masih dalam melakukan pendataan, yaitu program keluarga harapan (PKH) dan bantuan langsung tunai (BLT).

“Kita minta PPKM level 4 di kota ini, akan berjalan maksimal, pemerintah kota harus bekerja ekstra dalam menangani COVID-19, dan seluruh lapisan masyakat diimbau agar terus menerus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya.

Untuk diketahui, pada Senin siang (26/7) Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin menggelar rapat dengar pendapat (RDP), dengan koordinator Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Muhammad Yamin, dan Matnor Ali bersama anggota Komisi IV Dewan Banjarmasin. Dihadiri Plt BPBD Kota Banjarmasin Edy Wibowo, Kepala Dinas Sosial Iwan Ristianto, Kepala Dinas Kesehatan Machli Riyadi dan Plt Direktur Rumah Sakit Sultan Suriansyah Muhammad Syaukani. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?