12 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Atlet dan Pelatih Wasaka Provinsi Kalsel Lakukan Swab Antigen

2 min read

Pelaksanaan swab antigen di KONI Kalsel

BANJARMASIN – Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX – 2021, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Selatan semakin gencar melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap atlet dan pelatih Wasaka Provinsi Kalsel PON Papua, salah satunya dengan melakukan swab antigen.

Ketua KONI Provinsi Kalimantan Selatan Bambang Heri Purnama mengungkapkan, ada sebanyak 160 atlet dan pelatih tim Wasaka Provinsi Kalsel untuk PON Papua yang menjalani swab antigen. Dan, ditemukan 7 positif dari hasil swab tersebut.

Ketua KONI Kalsel Bambang Heri Purnama

“Dari hasil swab antigen yang dilakukan ditemukan 7 orang yang positif, dari atlet serta pelatih,” ungkap Bambang, di Kantor KONI Provinsi Kalsel, Senin (26/7).

Bambang mengatakan, dari cabang olahraga Karate ada 3 orang yang positif, cabang olahraga gulat 1 orang positif, cabang olahraga tinju 1 orang, cabang olahraga angkat besi 1 orang, serta dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) 1 orang yang positif.

“Pada dua Minggu lalu mereka yang positif ini, mendapatkan hasil yang negatif,” ujar Bambang.

Oleh karena itu, lanjutnya, melihat hasil yang demikian, maka dihimbau untuk semua atlet dan pelatih untuk selalu berhati hati. Dalam menjaga kondisi masing masing.

“Untuk yang mendapatkan hasil yang positif ini, telah diberikan obat. Serta diminta untuk melakukan isolasi mandiri,” ucap Bambang.

Sedangkan, tambahnya, swab antigen ini dilaksanakan oleh KONI Provinsi Kalsel dalam dua pekan sekali, sampai menjelang keberangkatan ke PON Papua pada September 2021 mendatang.

“Kami meminta kepada seluruh atlet Wasaka Provinsi Kalsel untuk PON Papua, untuk menjaga kesehatan masing masing, ketika latihan hendaknya dapat selalu menjaga jarak, menghindari keramaian serta lainnya,” kata Bambang.

Mengingat saat ini waktu keberangkatan ke PON Papua sudah tidak lama lagi. Sehingga, kesehatan jelang keberangkatan PON Papua perlu dijaga. Agar tidak ditemukan atlet dan pelatih yang positif terpapar COVID-19.

“Para atlet hendaknya sering dibawa berjemur, latihan ditempat terbuka, serta menerapkan protokol kesehatan COVID-19, untuk menghindari paparan virus tersebut,” ucap Bambang.

KONI Provinsi Kalsel berharap, tidak ada atlet dan pelatih yang positif pada saat berangkat ke PON Papua mendatang. (SRI/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.