19 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Program KOTAKU Tahap 1 Sungai Lulut Mulai Direalisasikan

2 min read

BANJAR – Pemerintah Kabupaten Banjar mulai merealisasikan program pembangunan daerah yaitu Regular Kota Tanpa Kumuh ( KOTAKU ) Tahap 1 di Kelurahan Sungai Lulut. Peletakan batu pertama pembangunan tahap 1 ini dilakukan Bupati Kabupaten Banjar pada Kamis, (22/7).

Sebagaimana dalam visi dan misi yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD). Bupati Kabupaten Banjar Saidi Mansyur mengatakan, Program Kotaku ini tentu manjadi salah satu bentuk perwujudan pemerintah Kabupaten Banjar dalam mengupayakan dan menata kawasan kumuh yang ada di Kabupaten ini.

Bupati Kab Banjar Saidi Mansyur

“Kedepannya dari program KOTAKU ini bisa merubah wajah lingkungan sungai lulut menjadi kawasan yang tidak kumuh lagi,” ucap Saidi Mansyur.

Saidi menambahkan, Program KOTAKU  sendiri bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar guna mendukung terwujudnya pemukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan. Serta, manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Pembangunan dan pengembangan kawasan perkotaan, diwujudkan melalui penanganan kualitas lingkungan permukiman yaitu peningkatan kualitas permukiman kumuh, pencegahan tumbuh kembangnya permukiman kumuh baru dan penghidupan ekonomi yang berkelanjutan,” lanjut Saidi.

Ia juga menerangkan bahwa, luasan perumahan dan permukiman kumuh di Kabupaten Banjar pada tahun 2020 adalah seluas 343,98 hektar, yang berlokasi di 7 kecamatan dan 36 desa/kelurahan.

“Sesuai apa yang telah kami rancang dalam visi dan misi yang telah dirumuskan dalam RPJMD 2021- 2024 pembangunan daerah tentu jadi salah satu tujuan utama, serta program Kotaku ini bisa diperluas lagi dan juga kita sampaikan ke Dinas terkait untuk bisa merubah SK program Kotaku disetiap wilayah yang cukup banyak kawasan kumuh,” tutup Saidi Mansyur.

Untuk diketehui, program KOTAKU menjadi salah satu program pembangunan daerah dengan nilai anggaran Rp 1 miliar, untuk penataan kawasan kumuh di Kelurahan Sungai Lulut di mulai dari RT.1 dan RT.2 dengan batas akhir pengerjaan program Kotaku ini selesai pada bulan Desember 2021. Dengan program KOTAKU akan dilakukan penataan perbaikan jalan sepanjang 450 meter,  perbaikan 12 sanitasi aliran air, 24 bilik septiptank, dan pembangunan 2 jembatan. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.