27 Juli 2021

Kalsel Komitmen Untuk Jadi Provinsi Ramah Anak

2 min read

PJ Gubernur Kalsel Safrizal ZA, saat menunjukkan piala dan piagam dari KPAI.

BANJARBARU – Kalimantan Selatan dinobatkan menjadi 1 diantara 10 Provinsi di Indonesia yang berhasil mendapatkan anugerah dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dengan kategori pemerintah daerah provinsi yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis sistem informasi dan monitoring evaluasi pelaporan (SIMEP).

Penghargaan diserahkan secara virtual melalui zoom meeting oleh Ketua KPAI Susanto kepada PJ Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, Kamis (22/7).

PJ Gubernur Kalsel Safrizal ZA, didampingi Kadis PPPA Kalsel Husnul Khatimah

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPAI, Susanto mengatakan, bahwa Anugerah KPAI 2021 sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas komitmen dan inovasi kepada stakeholder yang memiliki komitmen besar dan berkontribusi aktif terkait penyelenggaraan perlindungan anak.

Menurut dia, penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil evaluasi dan pengawasan KPAI atas tindak lanjut surat nomor 1612/Sekrt-KPAI/12/2020.

Surat tersebut perihal monitoring dan evaluasi penyelenggaraan perlindungan dan pemenuhan hak anak di kementerian/lembaga, pemda provinsi, kabupaten/kota.

Ia menyebut, peraih anugerah termasuk Kalsel, telah menyampaikan capaian penyelenggaraan perlindungan dan pemenuhan hak anak berbasis aplikasi sistem informasi monitoring dan evaluasi pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak tahun 2021.

“Maka KPAI menetapkan Pemprov Kalsel sebagai penerima Anugerah KPAI tahun 2021 dengan kategori Pemerintah Daerah Provinsi yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis aplikasi SIMEP Perlindungan Anak Tahun 2021,” ujar Susanto.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA menyampaikan apresiasinya terhadap semua instansi yang turut membantu hingga diraihnya penghargaan ini. Terutama bagi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalsel.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada DPPPA yang sudah berkolaborasi dengan semua pihak hingga mendapatkan anugerah berupa penghargaan tingkat nasional ini,” katanya.

Ia menyebut, prestasi ini harus terus dijaga sebagai wujud memberikan perlindungan terhadap anak. Terlebih katanya, hal ini menjadi komitmen dari Pemprov Kalsel.

“Kita yakin negara ini hebat dan berkelanjutan apabila anaknya terlindungi. Anak yang terlindungi akan menjadi anak yang hebat. Anak hebat akan membentuk keluarga yang hebat,” sebutnya.

Safrizal juga berpesan agar indikator-indikator ini terus dipertahankan dan ditingkatkan secara konsisten. Hingga mencapai provinsi Kalsel yang ramah anak.

Husnul Khatimah selaku Kepala Dinas DPPPA Kalsel menuturkan, tercapainya penghargaan ini berkat kerja keras banyak pihak dalam meningkatkan berbagai indikator yang harus dipenuhi. Terutama kebijakan dari pemerintah daerah, termasuk kolaborasi antar instansi dalam hal perlindungan anak.

“Terutama pelayanan bagi anak yang sedang berhadapan dengan hukum serta pernah menjadi korban kekerasan,” katanya.

Untuk diketahui, bersama Kalsel, kategori pemerintah daerah yang juga berhasil mendapatkan anugerah ialah; Jawa tengah, Riau, Sumatera barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Yogyakarta, DKI Jakarta, Sulawesi tengah serta Jawa timur. (ASC/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?