27 Juli 2021

Sambut Idul Adha 1442 H, Paman Yani Salurkan Tiga Ekor Sapi Kurban

2 min read

Suasana pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tempat kediaman Anggota DPRD Kalsel M. Yani Helmi

BANJARMASIN – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yani Helmi melaksanakan ibadah kurban di momen Hari Raya Idul Adha 1442 H, Selasa (20/7). Sebanyak 3 ekor sapi kurban disembelih bergantian di jalan Sungai Jingah tak jauh dari kediamannya di Banjarmasin.

Suasana pelaksanaan sholat Idul Adha di tempat kediaman Anggota DPRD Kalsel M. Yani Helmi

Menurut Wakil Rakyat yang akrab disapa Paman Yani ini, tiga ekor sapi kurban yang disembelih kali ini merupakan bagian dari puluhan hewan kurban yang ditebar Keluarga Besar Sahbirin Noor di beberapa kabupaten/kota di Kalsel.

“Alhamdulillah Kami keluarga besar Sahbirin Noor melaksanakan ibadah kurban seperti tahun-tahun sebelumnya. Saya pribadi juga menyalurkan hewan kurban untuk masyarakat di jalan Mantuil dan di daerah pemilihan di Kotabaru dan Tanah Bumbu,” katanya.

Penyembelihan dan distribusi daging kurban, lanjut Paman Yani, juga tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Mengingat ibadah kurban masih dalam suasana pandemi.

“Ada sekitar 1.000 lembar kupon yang kami bagikan kepada masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Utara. Untuk lokasi pengambilan daging kurban disebar di beberapa titik sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Ada juga yang diantar ke rumah-rumah,” tambahnya.

Ada yang menarik dalam momen kurban ini, yaitu sebelum disembelih sapi kurban ditaburi oleh sajian “piduduk” yang berisi beras, gula merah dan kelapa tua. Diharapkan agar penyembelihan berjalan lancar dan aman, serta sapi tetap tenang saat dikurbankan.

“Kita ingin menjaga kearifan lokal, jadi disediakan piduduk sebagai tradisi yang dilakukan oleh orang-orang tua di masa lalu,” jelas Paman Yani.

Sebelumnya, sekitar jam 07.30 WITA, Paman Yani bersama keluarga melaksanakan sholat Idul Adha di halaman rumahnya. Jamaah yang mengikuti sholat tampak berjarak dan memakai masker. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?