27 Juli 2021

Tiru Jokowi, Pemprov Kalsel Bakal Tebar Sapi Kurban Tahun Depan

2 min read

Pj gubernur Kalsel bersama sapi kurban bantuan presiden RI

BANJARMASIN – Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA  menginginkan adanya program 1 sapi 1 kabupaten/kota dari Gubernur Kalsel.

“Tahun depan, Biro Kesra bisa berkoordinasi dengan Disbunak  agar diprogramkan 1 ekor sapi dari Gubernur untuk  setiap kabupaten/kota,”

pinta Safrizal, saat menyerahkan sapi kurban Presiden Joko Widodo, pada Senin siang (19/7) di masjid raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Kebijakan ini  seperti apa yang dilakukan oleh Presiden, yang memberikan sapi kurban di setiap provinsi.

Selain menyerahkan sapi kurban Presiden, Safrizal juga menyerahkan 2 sapi kurban pribadi, masing-masing ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan Masjid Jami Banjarmasin.

“Terima kasih kita sampaikan kepads Presiden Jokowi, yang kembali memberikan hewan sapi kurban ke Kalsel. Saya juga Alhamdulillah, bisa berkurban 2 ekor sapi,” ujarnya.

Safrizal berharap, momen hari raya Idul Adha dan ibadah kurban yang dilaksanakan, dapat menjadi teladan serta dapat meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Hikmah lainnya, adalah  meningkatkan semangat gotong-royong, serta dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Safrizal berharap, dalam pelaksanaan kurban agar tidak berkerumun dan cukup percayakan kepada panitia untuk memotong dan membagikannya, serta yang terpenting menjaga kebersihan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Prov Kalsel, drh Suparmi mengatakan, sapi kurban Presiden Jokowi berjenis limosin dengan berat 920  kilogram.

Sapi ini diambil dari peternak lokal di Banjarbaru, dan dinyatakan sehat serta aman untuk dikonsumsi.

“Sapi yang terpilih kita laporkan ke Sekretariat Presiden, kemudian terus dipantau, baik dari segi kesehatan maupun bobotnya,” pungkasnya.

Setiap tahun, Presiden Jokowi rutin mengirimkan hewan kurban berupa sapi ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kalsel. Aksi sosial Jokowi inilah, yang menginspirasi pj gubernur Kalsel, untuk meminta dinas terkait di lingkungan pemerintah provinsi Kalsel, mengalokasikan dana, untuk pembagian sapi kurban ini ke 13 kabupaten/kota. Diharapkan kemudian, langkah ini juga ditiru kabupaten/kota, dengan menebar sapi kurban ke wilayah kecamatannya masing-masing. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?