22 Februari 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Disdag Kalsel Apresiasi Pasar Agri Bisnis

1 min read

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani, saat memantau Pasar Agribisnis

BANJARMASIN – Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, sangat mengapresiasi kehadiran Pasar Agribisnis, berlokasi di Desa Taniran Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Sayur yang akan dijual di Pasar Agribisnis

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani, kepada Abdi Persada FM pada akhir pekan tadi, pihaknya baru saja melakukan kunjungan ke Pasar Agribisnis, aktifitas para pedagang mulai jam 14.00 WITA, berbagai jenis sayuran berasal dari desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang dijual oleh petani secara langsung maupun para pengepul.

Salah satu penjual di Pasar Agribisnis

“Kami sangat apresiasi Pasar Agribisnis yang buka di siang setiap hari, pengunjung bisa membeli berbagai jenis sayuran seperti kacang panjang, jagung, kemudian jenis cabe, pare, terong dan lainnya, yang dijual secara grosiran dengan harga murah,” ucapnya.

Birhasani menjelaskan, para pembeli tidak hanya dari wilayah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), namun daerah lain, dan selanjutnya  akan dijual kembali di berbagai pasar Kabupaten dan Kota se Kalimantan Selatan. Dirinya berharap keberadaan Pasar Agribisnis juga semestinya ada di semua Kabupaten dan Kota, untuk memfasilitasi para petani dalam mempermudah menjual hasil pertanian di desanya.

“Kita menilai dengan adanya pusat grosir sayuran, akan mempermudah Pemerintah dalam pembinaan, pengawasan dan pengendalian, sehingga memperkuat ketahanan pangan di daerah, agar tidak ketergantungan dengan daerah lain,” katanya.

Untuk diketahui, Pasar Agribisnis, adalah tempat terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli komoditas pertanian, sehingga dalam pasar ini bisa terjadi kesepakatan nilai, jumlah produk, spesifikasi produk, cara pengiriman dan pembayaran. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.