20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Webinar Literasi Digital Kabupaten Tanah Laut; Berkenalan dengan Internet Selama Era Pandemi

1 min read

TANAH LAUT – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar bertema “Berkenalan dengan Internet Selama Era Pandemi” di Kabupaten Tanah Laut, Selasa (6/7/2021) pukul 14.00 Wita.

Acara dibuka Bupati Tanah Laut, Dra H Sukamta, ini menampilkan sejumlah pembicara kompeten.

Dalam diskusi ini dipandu oleh moderator Rio Brama yang menghadirkan narasumber pertama yaitu Alexander Dimas yang menyampaikan materi tentang “Tips dan Pentingnya Internet Sehat”

“Melindungi dari konten-konten negatif, terdapat software parental , software browser, software anti virus , internet berdasar usia , dan orang tua harus berperan penting,” tuturnya.

Ia memaparkan beberapa ancaman potensi di Internet, yaitu Spam, Phising, Malware, dan Spyware. Gunakan aplikasi khusus anak , browser yang safety untuk anak, dan jangan posting foto sembarangan.

Kemudian dilanjutkan oleh narasumber, Muhammad Rahmat Hidayat yang menyampaikan materi tentang “Etika Digital”

Ia memaparkan, Etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarkat atau kelompok masyarakat. Etika Bebeda dengan Hukum. Hukum sangat jelas aturan main dan sanksinya. Jika melanggar hukum, sanksinya jelas. Sedangkan Etika hanya sanksi moral semata Sehingga kenyataannya etika sering tidak begitu diperhatikan. Namun dalam perkembangannya etika sangat mempengaruhi kehidupan manusia.

“Kemajuan teknologi E-commerce hadir. Pihak-pihak yang ingin melakukan keuntungan sepihak dan tidak bertanggung jawab tersebut cenderung mengarah ke suatu bentuk kejahatan yaitu penipuan. Penipuan ini terjadi berawal dari kebiasaan dan cara atau prosedur pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Maka dari itu untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan diperlukan upaya pelaku usaha agar memperoleh kepercayaan dari konsumen dalam transaksi e-commerce,” tuturnya.(RILIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.