19 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

BUMDes Diharapkan Dapat Jadi Lokomotif Pembangunan Ekonomi Lokal di Tingkat Desa

2 min read

Pj Ketua TP PKK Kalsel, Safriati Safrizal menyerahkan penghargaan kepada BUMDes Terbaik I

BANJARMASIN – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kalimantan Selatan diharapkan dapat menjadi lokomotif pembangunan ekonomi lokal di tingkat desa. Harapan itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, beberapa waktu lalu.

Suasana Pembukaan BUMDes Expo 2021

Ia menyebutkan berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kalimantan Selatan, angka pertumbuhan BUMDes mengalami kenaikan di Kalsel. Dari 1.864 desa yang tersebar di 11 kabupaten, sudah terbentuk 1.482 BUMDes atau 79,51 persen dari jumlah total desa di Kalsel. Di antara 1.482 BUMDes itu, 915 BUMDes berada pada kategori tumbuh, 522 BUMDes kategori berkembang, dan 45 BUMDesa termasuk kategori maju.

“Berkembangnya BUMDes dapat menjadi lokomotif pembangunan ekonomi lokal di tingkat desa, sehingga BUMDes menjadi pilar terdepan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di desanya masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kalimantan Selatan, Zulkifli mengatakan salah satu prioritas kinerja Dinas PMD yaitu meningkatkan perekonomian desa yang dapat dicapai dengan melakukan peningkatan kapasitas kelembagaan BUMDes.

“Kita sudah melakukan langkah-langkah untuk pengembangan BUMDes di antaranya memberikan workshop kewirausahaan bagi BUMDesa dan penguatan modal revitalisasi BUMDes,” katanya.

Zulkifli mengungkapkan pihaknya juga sudah memberikan penguatan modal kepada 39 BUMDes di 11 kabupaten dengan total dana sebesar Rp1.564.000.000,00.

“Mudah-mudahan kedepannya BUMDes dapat menyumbang terhadap peningkatan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat desa,” harapnya.

Untuk diketahui, Dinas PMD Kalimantan Selatan menggelar BUMDes Expo 2021 di pusat perbelanjaan di Banjarmasin, Sabtu (26/6). Kegiatan tersebut bertujuan untuk membuka wawasan dan menarik investor serta memperluas marketplace para pelaku BUMDes.

Dalam kegiatan itu, juga diadakan pemberian penghargaan sebagai motivasi untuk para pelaku BUMDes agar terus aktif menjalankan BUMDes dengan performa yang lebih baik. Ada enam BUMDes yang menerima penghargaan yaitu Berkah Mulia, Pesona Rejo Jaya, Maju Jaya, Usaha Kreatif Mandiri, Karya Indah dan Maju Bersama. Penghargaan Terbaik I diserahkan Pj Ketua TP PKK Kalsel Safriati Safrizal, didampingi Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar. Turut hadir Ketua DPRD Kalimantan Selatan Supian HK dan Wakil Ketuanya Muhammad Syaripuddin. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.