19 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tips ‘and’ Trick Bertransaksi Secara Digital Dengan Mudah dan Aman, Jadi Tema Webinar Literasi Digital Kemenkominfo di Banjarbaru

2 min read

BANJARBARU – Webinar literasi digital kembali digelar, dengan tema “Tips and trick bertransaksi secara digital dengan mudah dan aman”, Selasa (22/6/2021) pukul 10.00 WITA.

Kegiatan bertujuan untuk mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoax, serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet.

Andi Riza Syafarani, consultant IT, pengusaha IT-PT Jawara Duta Nusantara-, tren pekerjaan dan usaha di dunia digital. Era milenial ada pergeseran tren dan gaya hidup karena dua peristiwa besar yakni teknologi digital dan pandemi COVID-19.

“Adanya 4G, video call, video streaming, google maps dan smart phone, teknologi ini yang merubah tren dan gaya hidup sekarang ini,” ujar Andi Riza

Sementara itu, karena kondisi pandemi COVID-19, turut mempercepat perubahan pergeseran tren dan gaya hidup orang saat ini.

“Sesuatu usaha yang dilakukan tanpa kontak langsung, orang akan semuanya menggunakan internet,” ujar Andi Riza.

Diantaranya, pergeseran tren dan gaya hidup yang berubah dengan sangat cepat adalah pemasaran online atau digital marketing.

“Pemasaran online dan penjualan online semakin berkembang, terutama adanya marketplace. Edutech juga dipercepat karena adanya corona. Juga ada game online, anak-anak yang tidak sekolah main game online, itu imbas negatifnya,” beber Andi Riza.

Saat ini teknologi digital Fintech alias finansial technologi juga berkembang sangat cepat. “Fintech bisa dikatakan bank online, kita lihat sekarang terus berkembang dengan sangat cepat. Pinjol alias pinjaman online berkembang sekaligus juga bermasalah,” sebut Andi Riza.

Termasuk pembuatan aplikasi online, terutama di pemerintahan. “Semisal pembuatan SIM secara online,” kata Andi Riza.

Kategori pekerjaan digital saat ini bisa dibagi juga berubah dan bergeser. Pertama kategori startegy, misal SEO/SEM specialist, sosial media maketing, marketplace marketing. Kedua kategori content, misal copy writer, content writer (penulis), hingga video creator.

“YouTuber hingga Buzzer masuk dalam kategori channel,” kata Andi Riza.

Kecakapan digital harus ditingkatkan dalam masyarakat agar mampu menampilkan konten kreatif mendidik yang menyejukkan dan menyerukan perdamaian.

Sebab, tantangan di ruang digital semakin besar, seperti konten-konten negatif, kejahatan penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital.

Untuk diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi dalam acara webinar literasi digital “Tips and trick bertransaksi secara digital dengan mudah dan aman” ini, dipandu host Shabrina Anwari. (ADV-RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.