18 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dorong Penguatan Kelembagaan, Baznas Kalsel Gelar Rakorda

2 min read

BANJARMASIN – Guna mendorong penguatan kelembagaan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang dilaksanakan di salah satu hotel berbintang pada 22 – 24 Juni 2021.

Suasana Pembukaan Rakorda Baznas Kalsel Tahun 2021

Ketua Baznas Kalimantan Selatan, Irhamsyah Safari mengatakan tujuan Rakorda adalah untuk mendorong penguatan kelembagaan Baznas sebagai pengelola zakat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011, percepatan terwujudnya visi dan misi Baznas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan zakat, penguatan peran Baznas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menanggulangi kemiskinan, baik material maupun spritual.

“Diharapkan dalam kegiatan ini, dapat merumuskan program secara signifikan, meningkatkan kepercayaan masyarakat agar lebih terdorong menunaikan zakat, infak dan shadaqah ke Baznas,” jelasnya.

Sementara, Ketua Baznas RI, Noor Achmad mengharapkan selain penguatan kelembagaan, Baznas juga melakukan penguatan Sumber Daya Manusia, khususnya dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas. Kemudian penguatan sarana dan prasarana, menyusul sekarang sudah memasuki era digitalisasi.

“Keempat, adalah penguatan pada jajaran, jaringan, kolaborasi, sinergitas terhadap kekuatan-kekuatan yang ada karena kita harapkan Baznas ini akan menjadi pemersatu umat,” jelasnya.

Sedangkan, Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Fathurrahman menyatakan Pemprov menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya Rakorda Baznas Kalimantan Selatan Tahun 2021 ini.

“Melalui Rakorda ini, diharapkan semakin menguatkan koordinasi kolaborasi dan komitmen serta dapat meningkatkan semangat Baznas dalam upaya mewujudkan kebangkitan zakat di Kalsel. Sehingga apa yang menjadi harapan dan cita-cita untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dapat terealisasi dan Baznas menjadi salah satu mitra utama dalam mewujudkannya,” jelasnya.

Untuk diketahui, Rakorda ini menghadirkan nara sumber diantaranya Ketua Baznas RI Profesor Noor Ahmad, Pimpinan Baznas RI Supervisi Kalimantan Selatan Saidah Sakwan dan Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan Noor Fahmi. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.