6 Desember 2021

Program YESS dari Kementan, Diharapkan Berdampak Pada Karang Taruna

2 min read

Kadinsos Provinsi Kalsel Siti Nuriyani

BANJARBARU – Program Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda di Sektor Pertanian (YESS) merupakan Program yang ditujukan untuk melahirkan wirausaha milenial di bidang pertanian. Dengan adanya Program YESS di 3 Kabupaten Provinsi Kalsel, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel mengapresiasi program ini yang juga berdampak bagi para Karang Taruna binaan Dinas Sosial provinsi Kalsel.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel Siti Nuriyani Kepada Abdi Persada FM, pada Selasa (15/6) tadi. Disampaikan Siti Nuriyani, pihaknya menginginkan program YESS juga dapat mencakup Karang Taruna tingkat provinsi Kalsel, sehingga karang taruna akan diberikan pelatihan, pendidikan, dan dana untuk bertani agar dapat menjadi wirausahawan.

“Seperti di kabupaten Tapin, Karang Taruna di sana mempunyai usaha perkebunan cabe Hiyung, dan lain sebagainya. Untuk Karang Taruna Tingkat Provinsi, pemprov Kalsel memberikan dana hibah dimana diharapkan dana hibah tersebut dapat menunjang pelaksanaan program-program Karang Taruna Provinsi yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.,” ungkap Siti Nuriyani.

Siti Nuriyani melanjutkan, pihaknya mengharapkan pemerintah kabupaten/kota dapat memperhatikan, memberdayakan, dan memberikan pelatihan bagi para Karang Taruna, sehingga mereka bisa menjadi wirausahawan.

“Sayang sekali program YESS ini hanya terdapat di 3 Kabupaten saja, namun kita harus bersyukur karena 3 kabupaten mendapat Program YESS dari Kementan,” lanjut Siti Nuryani.

Dilanjutkan Siti, ditahun-tahun selanjutnya diharapkan Program YESS juga dapat menyasar Kabupaten lain, sehingga para Karang Taruna dapat diarahkan berwirausaha dibidang pertanian.

“Selama ini Karang Taruna sudah banyak yang punya usaha sendiri, seperti di Tapin dengan usaha Cabe Hiyung dan Jeruk, Kabupaten Batola dengan Madu Kalulut dan tambak ikan, Kota Banjarmasin sengan usaha tambak ikan juga,” lanjut Siti Nuriyani.

Siti Nuriyani mengharapkan, kedepannya Program YESS juga dapat menyasar Karang Taruna Kabupaten-Kota lainnya, sehingga para pemuda yang menjadi anggota Karang Taruna bisa berwira usaha dengan memperhatikan kearifan lokal di masing-masing Kabupaten/Kota. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?