6 Desember 2021

1.467 Desa di 8 Kabupaten di Kalsel Selenggarakan Pilkades 2021

2 min read

Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli

BANJARBARU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyatakan ada sekitar 1.467 desa dari 8 kabupaten di wilayah Bumi Antasari, Kalimantan Selatan yang diketahui menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel Zulkifli mengatakan dari 8 daerah yang menyelenggarakan Pilkades, baru Kabupaten Banjar.

“Alhamdulillah, pelaksanaannya di Kabupaten Banjar lancar dan berjalan kondusif. Masih ada lagi, tinggal 7 wilayah di Kalsel,” ujarnya, kepada Abdi Persada FM, Senin (14/6) kemarin.

Dia menegaskan, penyelenggaraan Pilkades pada 2021 seluruhnya dilimpahkan kepada masing-masing pemerintah kabupaten setempat melalui Dinas PMD.

“Semuanya ada ditingkat kabupaten, termasuk anggaran pelaksanaannya pun juga mereka yang lebih mengetahui,” jelasnya.

Dirinya menyebutkan, kabupaten yang dinyatakan siap menyelenggarakan Pilkades pada 2021 menurut daftar yang ada di Dinas PMD Kalsel meliputi, Barito Kuala (Batola), Banjar, Tanah Laut (Tala), Tanah Bumbu (Tanbu), Tapin, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, dan Tabalong.

“Untuk total ada 8 secara keseluruhan yang dipastikan menyelenggarakan Pilkades pada 2021, pelaksanaannya sudah ada didalam kalender PMD Kalsel,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pegawai Balai Desa Banua Budi, Yayan mengungkapkan pelaksanaan Pilkades tahun ini diprakirakan bakal diselenggarakan pada September mendatang. Mengingat, pandemi COVID-19 menjadi salah satu alasan tertundanya pemilihan tersebut.

“Kira-kira pelaksanaanya September 2021, tapi untuk tanggal belum tahu kapan diselenggarakan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan, Pegawai Balai Desa di Batu Benawa Tengah Barabai, Taufik. Menurutnya, kesiapan pelaksanaan Pilkades direncanakan pada September 2021.

“Prakiraan bulan itu, tanggalnya aja belum ada,” ungkapnya.

Adapun data pada 2021 dirilis melalui data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi bahwa Kalimantan Selatan memiliki 1.864 desa dari 144 kelurahan dan 153 kecamatan yang tersebar di 13 kabupaten/kota dengan jumlah penduduk diperkirakan mencapai hingga 3.930.251 jiwa. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?