6 Desember 2021

20 Ribu Lebih DPT di Kecamatan Aluh-Aluh Punya Hak Pilih di PSU

2 min read

PSU di TPS 04 di Desa Bunifah, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar.

BANJAR – Sebanyak 20.736 orang di Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, terdata sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan.

Diketahui, dari puluhan ribu warga yang memilih dalam penyelenggaraan PSU pada 9 Juni 2021 tercatat dari data di Kecamatan ada 19 desa.

Camat Aluh-Aluh, Syaifullah Effendi mengatakan meski letak geografisnya cukup jauh dari perkotaan. Namun, data penduduk yang ada di Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, dipastikan berjumlah hampir sekitar 24.473 orang lebih.

Camat Aluh-Aluh, Syaifullah Effendi

“Luas wilayah di Aluh-Aluh ini mencapai 94,76 kilometer persegi. Dari hasil diskusi bersama dengan jajaran KPU, Babinkamtibmas beserta dengan Danramil jumlah DPT tercatat ada sekitar 20.736 orang,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, usai meninjau lokasi TPS di sebagian wilayah Kecamatan Aluh-Aluh, Rabu (9/6) siang.

Dari 19 desa di Kecamatan Aluh-Aluh, disebut Syaifullah hanya terdapat 4 wilayah yang bisa dilalui melalui jalur darat dan sisanya hanya bisa dilalui lewat jalur perairan dengan menggunakan kapal mesin.

“Meskipun sebenarnya bisa ditempuh lewat darat, itu pun sangat jauh dan jalannya juga rusak. Jadi, 4 desa di darat meliputi Bunifah, Balimau, Simpang Warga dan Aluh-Aluh Besar. Untuk 15 lainnya yang berada di kawasan perairan diantaranya Bakambat, Aluh-Aluh Kecil, Aluh-Aluh Kecil Muara, Handil Baru, Handil Bujur, Kuin Besar, Kuin Kecil, Labat Muara, Pemurus, Podok, Pulantan, Simpang Warga Dalam, Sungai Musang, Tanipah dan Terapu,” ucapnya.

Pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel di Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, setidaknya ada sekitar 126 aparat gabungan dari TNI-Polri disiapkan untuk pengamanan di wilayah tersebut.

“Meliputi Danramil 1006 Martapura dan Polsek Beruntung Baru, Aluh-Aluh dan Banjarbaru Timur (Landasan Ulin) dan dibantu dengan jajaran Satpol PP Banjar,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Banjarbaru Doni Hadi Santoso mengatakan untuk menekan dan meminimalisir adanya gangguan yang membuat suasana Pemungutan Suara Ulang (PSU) menjadi tidak kondusif, pihak Polres di wilayah hukum Banjarbaru ini telah menerjunkan sedikitnya 300 Personil dalam melakukan pengamanan khusus di Kecamatan Aluh-Aluh.

“Kami telah menyiagakan seluruh personil dalam pengamanan PSU. Melihat jumlah penduduknya yang banyak. Maka, harus dijaga secara ketat melalui tim yang telah dibentuk pada kesiapan apel bersama Kapolda, Pj Gubernur dan jajaran lainnya,” paparnya.

Dari pantauan Abdi Persada FM, data DPT atau Daftar Pemilih Tetap di TPS 01 di Desa Bunifah berjumlah 312 orang. Sedangkan TPS 03 sekitar 380 DPT yang tercatat di Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar.

“Yang sedikit di TPS 03 cuma 140 orang terdata sebagai DPT,” ungkap salah satu anggota KPPS.

Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, secara total keseluruhan kini hanya berjumlah 20.736 orang. Padahal sebelumnya, data Pilkada 2020 lalu menyebutkan sekitar 20.902 orang yang berhak memberikan suaranya. (RHS/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?