6 Desember 2021

Dispar Kalsel Dukung 3 Daerah Jadi Destinasi Wisata Nasional

1 min read

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin

BANJARMASIN – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan siap mendukung Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar dan Hulu Sungai Selatan (HSS), menjadi destinasi wisata nasional.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Syarifuddin kepada wartawan baru baru tadi, pihaknya telah menerima rekomendasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, terkait wacana menjadikan 3 daerah sebagai destinasi wisata nasional. Mengingat setiap tahunnya selalu banyak pengunjung, tidak hanya warga lokal, namun juga luar daerah dan mancanegara.

“Kami siap mendukung dan menindaklanjuti rekomendasi yang diberikanoleh DPRD Kalsel, apalagi tiga daerah itu sudah dikenal secara luas,” ucapnya.

Syarifuddin menjelaskan, untuk Kota Banjarmasin, banyak destinasi wisata yang ditawarkan, pihaknya terus menjalin koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat, untuk memajukan kawasan yaitu kemudahan akses menuju tempatnya seperti wisata susur sungai, wisata religi makam Habib Basirih, makam pahlawan Sultan Suriansyah dan jajanan kuliner khas Banjar.

“Makam Guru Zuhdi Jalan Masjid Jami, Kelurahan Antasan Kecil Timur, serta jembatan dibuat dengan bergaya “roller coaster” di pulau bromo wilayah Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan, baru-baru ini telah ramai dikunjungi,” katanya.

Lebih lanjut Syarifuddin menyampaikan,  untuk di Kabupaten Banjar, tepatnya di Kota Martapura, terdapat makam ulama kharismatik asal tanah Borneo yaitu KH  Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau dikenal Guru Sekumpul, biasanya setiap peringatan haul, akan dikunjungi oleh jutaan ummat dari berbagai penjuru dunia. Begitupun di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), yaitu kawasan Loksado akan semakin dikembangkan wisata alamnya.

“Tahun depan rencananya komplek makam Guru Sekumpul akan dibenahi, untuk  membuat lebih nyaman masyarakat yang berziarah serta memperingati haul beliau,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?